PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS MELALUI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING SD NEGERI 1 WONOKARTO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Penulis

  • diyassi diyassi

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v3i1.574

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru SD Negeri 1 Wonokarto Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam pengelolaan kelas melalui penerapan active knowledge sharing. Penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dilaksanakan di SD Negeri 1 Wonokarto dengan subjek penelitian semua guru SD Negeri 1 Wonokarto Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 8 orang guru. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah. Penilaian Kemampuan Guru dilakukan dengan teknik observasi dengan lembar observasi. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptip komparatif. Data empirik hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan kemampuan guru SD Negeri 1 Wonokarto Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam pengelolaan kelas. Dari kondisi awal nilai rata-rata kemampuan guru hanya 43,1 atau D kualifikasi Kurang, meningkat pada siklus I nilai rata-rata kemampuan guru menjadi 69,8 atau C kualifikasi Cukup, dan meningkat lagi pada siklus II nilai rata-rata kemampuan guru menjadi 78,5 atau B kualifikasi Baik. Peningkatan juga ditunjukkan dari kondisi awal pada indikator komponen dengan 3 indikator komponen Kurang dan 7 indikator komponen Sangat Kurang dengan rata-rata E atau kualifikasi Sangat Kurang, meningkat pada siklus  I dengan  indikator komponen 2 indikator komponen Baik, 4 indikator komponen Cukup dan 4 indikator komponen Kurang dengan rata-rata C atau kualifikasi Cukup. Meningkat lagi pada siklus II menjadi ada 4 indikator komponen Amat Baik, dan 6 indikator komponen Baik, dengan rata-rata komponen B atau Baik. Kesimpulan dari data di atas adalah melalui penerapan active knowledge sharing dapat meningkatkan kemampuan guru SD Negeri 1 Wonokarto dalam pengelolaan kelas Tahun Pelajaran 2019/2020

Kata kunci : Kemampuan Guru, Pengelolaan Kelas, Active Knowledge Sharing

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ade Rukmana dan Asep Suryana. 2006. Pengelolaan Kelas. Bandung: UPI Press

Adhayati, Suid,Tursinawati. 2016. Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Untuk Siswa Yang Berkebutuhan Khusus Di SDN 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 1 Nomor 2, 1-10 Oktober 2016

Dendy Sugono. 2010. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional

Dewi, 2012. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan: Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Gaung Persada

Mantja, W. 2007. Profesionalisasi Tenaga Kependidikan: Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Elang Mas

Nafi’a, 2012, Pengaruh Penggunaan Model Active Knowledge Sharing dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Rina Apriliyana dan Benedictus Kusmanto. 2016. Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X-A SMA Piri 1 Yogyakarta. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No 1, Maret 2016

Silberman, Mel. 2009. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Diterjemahkan oleh Sarjuli dkk. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani dan YAPPENDIS

Siwi, D. A. 2018. Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Grafis dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal Dikdas Bantara, 1(2).

Uzer, Usman. 2005. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Wijaya, H. ES dan Tabrani Rusyan. 2012. Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Nine KaryaJaya

Zaini, Hisyam, 2008, Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Unduhan

Diterbitkan

2020-09-16

Terbitan

Bagian

Artikel