Bahasa Inggris

Penulis

  • Salsabila Adwitiya Sarwahita Universitas Sebelas Maret
  • Budi Usodo Universitas Sebelas Maret
  • Sri Yamtinah Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v8i2.6945

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar matematika terhadap kemampuan operasi hitung aritmatika dasar pada siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan dasar siswa dalam operasi hitung matematika, yang diduga berkaitan erat dengan rendahnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Data dikumpulkan melalui angket minat belajar dan tes kemampuan operasi hitung aritmatika dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 dari salah satu Madrasah Ibtidaiyah yang dipilih secara purposive. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar matematika terhadap kemampuan operasi hitung aritmatika dasar. Semakin tinggi minat belajar siswa, semakin baik pula kemampuan mereka dalam menyelesaikan operasi hitung dasar.

Kata kunci: Minat Belajar, Operasi Hitung, Aritmatika Dasar, Siswa Kelas 1

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-09-30

Terbitan

Bagian

Artikel