PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN MEMODIFIKASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.32585/jdb.v1i1.72Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan bermain dengan modifikasi alat bantu pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar servis bawah bola voli mini pada siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 3 Sidorejo Sukoharjo tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 3 Sidorejo Sukoharjo tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 47 siswa. Data hasil belajar servis bawah bola voli mini diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran teknik dasar servis bawah bola voli mini melalui penerapan pendekatan bermain. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: bahwa hasil keterampilan servis bawah bola voli mini meningkat dari 31,9 % pada kondisi awal menjadi 51,06 % pada akhir siklus I dan meningkat menjadi 70,2 % pada akhir siklus II. Sedangkan kemampuan siswa dalam melakukan rangkaian gerakan servis bawah bola voli mini meningkat dari 29,7 % pada kondisi awal menjadi 51,06 % pada akhir siklus I dan meningkat menjadi 70,2 % pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli mini siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 3 Sidorejo Sukoharjo tahun pelajaran 2017/2018.
Kata kunci : Pendekatan bermain, Alat bantu, Hasil belajar, Bola Voli.
Unduhan
Referensi
Abdulkadir Ateng. 1992. Asas dan Landasan Pendidikan Jasmani. Jakarta : Depdikbud
Adang Suherman.2000. Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta: Depdikbud. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
Adang Suherman dan Yoyo Bahagia. 2000. Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta: Depdiknas
___________.2000. Prinsip-Prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Depdikbud
Agus Mukholid. 2004. Pendidikan Jasmani. Jakarta: Yudhistira.
Agus Kristiyanto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: UNS press
Amung Ma’mum & Toto Subroto. 2001. Pendekatan Ketrampilan Taktis Dalam Permainan Bolavoli Konsep & Metode Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Barbara L. V. & Bonnie J. F. 1996. Bolavoli Tingkat Pemula. Alih Bahasa. Monti. Jakarta: Raja Grafindo.
Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Petunjuk Tes Keterampilan Bolavoli Usia 13-15 Tahun. Jakarta: Pusat Pengambangan Kualitas Jasmani.
Dieter Beutelstahl. 2003. Belajar Bermain Bola Volley. Bandung: Pioner Jaya.
Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan, Cetakan ke-7. Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Bakti.
H.J. Gino dkk. 1998. Belajar dan Pembelajaran II. Surakarta: UNS Press.
Husdarta & Yudha M. Saputra. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Depdiknas.
Husdarta. 2009. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung : Alfabeta
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada(GP) Press.
Kamli Rukmana. Mini Voli. PBVSI. Jakarta.
Machfud Irsyada. 2000. Bola Voli. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Marta Dinata. 2004. Belajar Bolavoli. Jakarta: Penerbit Cerdas Jaya
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
The copyright to this article is transferred to Jurnal DIKDAS BANTARA if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above mentioned paper in whole to Jurnal Komunikasi Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Komunikasi Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Komunikasi Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.