PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN MEMODIFIKASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Penulis

  • Tri Sutrisno

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v1i1.72

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan bermain dengan modifikasi alat bantu pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar servis bawah bola voli mini pada siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 3 Sidorejo Sukoharjo tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 3 Sidorejo Sukoharjo tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 47 siswa. Data hasil belajar servis bawah bola voli mini diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran teknik dasar servis bawah bola voli mini melalui penerapan pendekatan bermain. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: bahwa hasil keterampilan servis bawah bola voli mini meningkat dari 31,9  % pada kondisi awal menjadi 51,06  % pada akhir siklus I dan meningkat menjadi 70,2 % pada akhir siklus II. Sedangkan kemampuan siswa dalam melakukan rangkaian gerakan servis bawah bola voli mini meningkat  dari 29,7 % pada kondisi awal menjadi 51,06 % pada akhir siklus I dan meningkat menjadi 70,2 % pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli mini siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 3 Sidorejo Sukoharjo tahun pelajaran 2017/2018.

 

Kata kunci : Pendekatan bermain, Alat bantu, Hasil belajar, Bola Voli.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdulkadir Ateng. 1992. Asas dan Landasan Pendidikan Jasmani. Jakarta : Depdikbud

Adang Suherman.2000. Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta: Depdikbud. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Adang Suherman dan Yoyo Bahagia. 2000. Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta: Depdiknas

___________.2000. Prinsip-Prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Depdikbud

Agus Mukholid. 2004. Pendidikan Jasmani. Jakarta: Yudhistira.

Agus Kristiyanto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: UNS press

Amung Ma’mum & Toto Subroto. 2001. Pendekatan Ketrampilan Taktis Dalam Permainan Bolavoli Konsep & Metode Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Barbara L. V. & Bonnie J. F. 1996. Bolavoli Tingkat Pemula. Alih Bahasa. Monti. Jakarta: Raja Grafindo.

Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Petunjuk Tes Keterampilan Bolavoli Usia 13-15 Tahun. Jakarta: Pusat Pengambangan Kualitas Jasmani.

Dieter Beutelstahl. 2003. Belajar Bermain Bola Volley. Bandung: Pioner Jaya.

Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan, Cetakan ke-7. Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Bakti.

H.J. Gino dkk. 1998. Belajar dan Pembelajaran II. Surakarta: UNS Press.

Husdarta & Yudha M. Saputra. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Depdiknas.

Husdarta. 2009. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung : Alfabeta

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada(GP) Press.

Kamli Rukmana. Mini Voli. PBVSI. Jakarta.

Machfud Irsyada. 2000. Bola Voli. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Marta Dinata. 2004. Belajar Bolavoli. Jakarta: Penerbit Cerdas Jaya

Unduhan

Diterbitkan

2018-04-04

Terbitan

Bagian

Artikel