PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PJBL) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR PATUK II GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

Penulis

  • Hengkang Bara Saputro Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Lusi Oktavia Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v8i2.7209

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran PJBL berbasis etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa dalam membaca dan menulis angka di SD Negeri Patuk II Gunungkidul. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa yang ditandai dengan kesulitan memahami konsep dasar matematika serta rendahnya minat belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel penelitian melibatkan 18 siswa kelas IV di SD Negeri Patuk II Gunungkidul. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa soal uraian yang disusun untuk mengukur literasi numerasi siswa, khususnya pada materi bangun datar yang dikaitkan dengan konteks budaya lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PJBL berbasis etnomatematika berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa. Rata-rata nilai pretest sebesar 46,39 meningkat menjadi 84,33 pada posttest. Uji hipotesis menggunakan paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PJBL berbasis etnomatematika efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-09-30

Terbitan

Bagian

Artikel