Meningkatkan Pengetahuan IPS Melalui Media Pembelajaran Picture In The Box Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Elsa Nuriaatul Jahro Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iis Nurasiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Astri Sutisnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i3.4214

Keywords:

Pengetahuan, IPS, Picture in the box

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengingkatkan pengetahuan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa sekolah dasar kelas 4 dan dilakukan di SDIT Qu Attartil dengan jumlah 23 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sesuai dengan tujuan umum dan khususnya. Hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran picture in the box menunjukan kenaikan yang signifikan dari setiap tahapannya. pada tahapan siklus I siswa yang mencapai kriteria ketercapaian sebanyak 33% pada siklus II siswa yang mencapai kriteria ketercapaian sebanyak 76%. Media pembelajaran picture in the box mampu meningkatkan pengetahuan siswa kelas 4 di sekolah dasar.

Author Biographies

Elsa Nuriaatul Jahro, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Iis Nurasiah, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Astri Sutisnawati, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Porsiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 586-595

Aziz, A. A. (2022). Teori Belajar Behavioristik Dalam Kitab Bughyatul Ikhwan Karya Imam Ramli. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 444-461.

Endayani, H. 2018. “Sejarah dan Konsep Pendidikan IPS”. ITTIHAD. Vol 2. No 2. Hal 117 – 127

Fauziah, A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Indramayu: Penerbit Adab.

Hamid. (2023). Ice Beraker dan Pembelajaran. Dalam H. S. Wibowo, Ice Breaker dan Pembelajaran (hal. 1-3). Semarang: Tiram Media

Juliana, A. D. (2020). Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Media Wayang Sukuraga Berbasis 5 Karakter di Kelas Tinggi. Attadib Journal of Elementary Education, 1-12

Muhaimin, M. R. (2023). Peranan Media Pembelajaran Komik Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 399-405.

Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher)

Poni Ernis, N. H. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Komponen Ekosistem Melalui Media Puzzle Siswa Kelas V SD Negeri Gunuang Malintang Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Journal of Elementary School (JOES), 45-56.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PORSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR, 289-302.

Rosdiani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas Bertanya Siswa Kelas VII SMPN 2 Donggo Tahun Pelajaran 2021/2022. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 8-11

Salsabilla, T. M. (2022). Keterampilan Mengajar Guru Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran di SDN 3 Labuhan Lombok Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1811-1816.

Setiawan, H. (2020). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 199-203.

Shidiq, M A. 2019. “Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar”. Bina Gogik. Vol 6. No 2. Hal 41 – 48

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2614-4417.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Wahyuningtyas, R. (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidkan , 23-27

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Jahro, E. N., Nurasiah, I., & Sutisnawati, A. (2023). Meningkatkan Pengetahuan IPS Melalui Media Pembelajaran Picture In The Box Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 32(3), 359–368. https://doi.org/10.32585/jp.v32i3.4214

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)