Perpustakaan Digital Meningkatkan Literasi Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ruswi Isnaini Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Andriyanto Kurniawan Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Marjito Marjito Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Veronika Unun Pratiwi Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v33i2.4955

Keywords:

perpustakaan digital, literasi dongeng, anak SD, minat membaca, pemahaman dongeng

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menyelidiki pengaruh perpustakaan digital terhadap literasi dongeng anak SD. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui survei dan observasi pada siswa SD yang aktif menggunakan perpustakaan digital. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan minat membaca, kemajuan dalam pemahaman dongeng, dan keterkaitan antara penggunaan perpustakaan digital dengan literasi dongeng anak. Faktor pendukung, seperti dukungan orang tua dan pendidik, serta aksesibilitas perpustakaan digital, memainkan peran penting. Implikasi penelitian ini melibatkan pengembangan strategi pendidikan yang mengintegrasikan perpustakaan digital dalam kurikulum anak SD, dengan partisipasi aktif orang tua dan pendidik.

Kata Kunci :

perpustakaan digital, literasi dongeng, anak SD, minat membaca, pemahaman dongeng.

 

References

Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah: Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah.(2016). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Herlina, Dyna. 2021. Membangun Karakter Bangsa Melalui Literasi Digital. http://staff.uny.ac.id/sites/...msc/membangun-karakter-bangsa-melaluiliterasi-digital.pdf

Erni, Iwayantari. (2018). Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman dan Dampaknya terhadap Upaya Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter di SMPN 2 Bojongsoang Kabupaten Bandung. Tesis Universitas Pasundan Bandung.

Ginting, Richard. 2018. Budaya Informasi Dalam Memanfaatkan Perpustakaan Digital Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Udayana. Jurnal Pendidikan, Volume 4, Nomor 1, Januari – Juni 2018).

Kurniawan, Heru. 2016. Keajaiban Mendongeng. Jarakrta: Bhuana ilmu Populer.

Mawarny. 2022. PENDIDIKAN LITERASI ANAK USIA DINI Meningkatkan Keterampilan Membaca, Menulis, dan Berpikir Anak. Hijaz Pustaka Mandiri.

https://eprints.uinsaizu.ac.id/19341/1/2022______Marwany_____Pendidikan%20Literasi%20Anak%20Usia%20Dini_2.pdf

Rahmadani, Suci. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Melalui Metode Dongeng. Gorontalo: Sekolah Guru Indonesia.

Subrata, Gatot . 2022. Perpustakaan Digital. Jurnal Pustakawan UM, 2, Oktober, 6.

http://repository.um.ac.id/id/eprint/1297

Sucahyo, Yudho Giri dan Ruldeviyani, Yova (Ed.). 2007. Infrastruktur Perpustakaan Digital. Jakarta: Sagung Seto.

Tim Gerakan Literasi Nasional. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wahyudin, D., & Adiputra, C. P. (2019). Analisis Literasi Digital Pada Konten Instagram @Infinitygenre. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu, 18, 25-34-7402.

https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.744

Suprianto, Wahyu dan Muhsin, Ahmad. Teknologi Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2008), 31.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1).

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.

Zulfitria et al. (2020). Penerapan Pembelajaran Dongeng Dalam Membentuk Karakter Siswa. Instruksional: Jurnal umj, Vol 2, No 1.

https://doi.org/10.24853/instruksional.2.1.56-63

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Isnaini, R., Kurniawan, A., Marjito, M., & Pratiwi, V. U. (2024). Perpustakaan Digital Meningkatkan Literasi Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 33(2), 525–536. https://doi.org/10.32585/jp.v33i2.4955

Issue

Section

Artikel