Kesenjangan Pendidikan di Daerah Terpencil (Riau)

Authors

  • zahrah luthfiyah amani UIN Maulana malik ibrahim malang
  • Aurell Zaskya Agtania UIN Maulana malik ibrahim malang
  • Nibrasona Amparo Robinson UIN Maulana malik ibrahim malang
  • Wasil Nawali UIN Maulana malik ibrahim malang
  • Lusty Firmantika UIN Maulana malik ibrahim malang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v34i1.6044

Keywords:

Kesenjangan Pendidikan, Daerah Terpencil, Teknologi Informasi, Akses, Pendidikan

Abstract

Kesenjangan Pendidikan di daerah terpencil merupakan sebuah masalah yang menghambat pemerataan beberapa akses untuk Pendidikan yang ada di Indonesia. Walaupun pemerintah telah berupaya untuk meningkatkan kualitas tetap saja masih banyak wilayah wilayah tertentu yang belum mendapat kannya, terdapat beberapa perbedaan antara Pendidikan yang ada dikota dan didesa salah satunya dari segi akses internet dan jalan. Dan juga ada beberapa cara untuk mengurangi kesenjangan ini, yaitu: pemerintah lebih peka terhadap Pendidikan yang ada di daerah tersebut baik itu dari segi akses jalanan maupun akses internet dan juga memberi fasilitas kepada masyarakat baik itu fasilitas sarana dan prasarana Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kesenjangan Pendidikan di daerah terpencil serta menawarkan Solusi yang dapat diterapkan untuk mengurangi kesenjangan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dan wawancara dengan para pemangku kepentingan dibidang Pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), pemberdayaan guru local, serta peningkatan kolaborasi antara pemerintah, Masyarakat, dan sektor swasta merupakan Langkah Langkah yang dapat mengatasi kesenjangan Pendidikan. Untuk mencapai pemerataan Pendidikan yang berkualitas, diperlukan pendekatan yang holistik dan berkelanjutan dengan memanfaatkan inovasi serta meningkatkan aksesibilitas Pendidikan di daerah-daerah terpencil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 2709-2724.

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 356-370.

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1), 68-89.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

amani, zahrah luthfiyah, Zaskya Agtania, A., Amparo Robinson, N., Nawali, W., & Firmantika, L. (2025). Kesenjangan Pendidikan di Daerah Terpencil (Riau). Jurnal Pendidikan, 34(1), 35–40. https://doi.org/10.32585/jp.v34i1.6044

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)