Pendidikan Karakter di Sekolah Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah 1 Paciran: Antara Moral dan Toleransi

Authors

  • Zarrah Azzahrawani Banawi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Salman Ridho Mujahid Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Niken Ayu Pratama Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ariij Nurjihan
  • Lusty Firmantika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v34i1.6056

Keywords:

pendidikan karakter, sekolah berbasis agama, moral, toleransi

Abstract

Pendidikan karakter di sekolah berbasis agama memiliki peran yang tepat dalam membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki moral yang kuat. Melalui pendidikan berbasis nilai-nilai agama, terutama pada sekolah Madrasah Aliyah Muhamadiyah 1 Paciran mengusahakan menanamkan prinsip moral dan etika yang dapat membentuk perilaku positif kepada peserta didik. Namun, dalam masyarakat yang beragam suku dan budaya, pendidikan karakter juga dihadapkan pada tantangan untuk mengembangkan sikap toleransi terhadap keberagaman. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peran sekolah berbasis agama dalam menyeimbangkan pendidikan moral dengan pengembangan sikap toleransi. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif, melalui studi literatur dan wawancara dengan pendidik di beberapa sekolah berbasis agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Muhamadiyah 1 Paciran memiliki potensi besar dalam pembentukan karakter, namun pendekatan yang diterapkan masih perlu dikembangkan agar dapat membina sikap toleransi tanpa mengurangi nilai-nilai keagamaan. dampak dari temuan ini adalah pentingnya perumusan kurikulum yang mengintegrasikan ajaran moral dan nilai toleransi sehingga peserta didik dapat menghormati perbedaan dan menjalani kehidupan sosial yang harmonis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 2709-2724.

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 356-370.

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1), 68-89.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Banawi, Z. A., Mujahid, S. R., Pratama, N. A., Nurjihan, A., & Firmantika, L. (2025). Pendidikan Karakter di Sekolah Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah 1 Paciran: Antara Moral dan Toleransi. Jurnal Pendidikan, 34(1), 41–46. https://doi.org/10.32585/jp.v34i1.6056

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)