Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep IPAS Peserta Didik Kelas V SDN Sendangmulyo 02

Authors

  • Almira Rahma Damayanti Universitas PGRI Semarang
  • Khusnul Fajriyah Universitas PGRI Semarang
  • Sri Wahyuningsih SDN Sendangmulyo 02 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v34i1.6114

Keywords:

Problem Based Learning, Pemahaman Konsep

Abstract

Pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di tingkat sekolah dasar masih terhitung rendah. Hal ini terlihat dari sejumlah peserta didik yang kurang sepenuhnya memahami konsep tersebut, terutama mereka yang memperoleh skor di bawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Kesulitan ini disebabkan oleh kurangnya variasi dalam model pembelajaran yang diimplementasikan guru, serta minimnya persiapan yang dilakukan sebelum proses mengajar. Penelitian ini guna mengukur pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) peserta didik kelas V SDN Sendangmulyo 02. Populasi dalam riset ini mencakup segenap peserta didik kelas VB yang berjumlah 28 orang. Sample yang dipergunakan ialah cara sampling jenuh, di mana segenap anggota populasi dipilih sebagai sample. Untuk menyatukan data, mengaplikasikan teknik tes. Analisis data dilaksanakan melalui uji paired sample t-test. Perolehan penelitian memperlihatkan skor signifikansi 0,045 < 0,05 yang mengindikasikan adanya impak signifikan dari model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 2709-2724.

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 356-370.

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1), 68-89.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Damayanti, A. R., Khusnul Fajriyah, & Sri Wahyuningsih. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep IPAS Peserta Didik Kelas V SDN Sendangmulyo 02 . Jurnal Pendidikan, 34(1), 47–56. https://doi.org/10.32585/jp.v34i1.6114

Issue

Section

Artikel