Implementasi Model Pembelajaran Metode Ummi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al Qur’an Pada Siswa Fullday & Boarding SMPIT Al Huda Wonogiri

Authors

  • Annisa Azhar Firdausi Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • iwan ristanto univet bantara sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v34i1.6282

Keywords:

Implementasi, metode Ummi, fullday, boarding

Abstract

SMPIT Al Huda Wonogiri telah mengalami perubahan model pembelajaran sesuai dengan perkembangannya; yakni dimulai Tahun Pelajaran 2006-2008 dengan program kelas fullday, Tahun Pelajaran 2008-2023 dengan kelas Boarding/berasrama, dan Tahun Pelajaran 2023-sekarang dengan 2 (dua) program pilihan yakni; kelas fullday dan kelas boarding. Penelitian ini untuk menggambarkan perkembangan pembelajaran Al Quran yang digunakan di SMPIT Al Huda dan dampak pada motivasi capaian siswa dalam menghafal Al-Qur'an. Kebaruan penelitian ini dua variabel kelas fullday dan boarding, serta intake siswa berbeda asal sekolah dasar baik berbasis keislaman maupun dari sekolah dasar umum juga akan memperkuat sintesa perbedaan terhadap hasil capaian pembelajaran Al Quran dengan metode Ummi. Hasil implementasi metode Ummi dalam model pembelajaran Al Quran di SMPIT Al Huda Wonogiri melalui pendekatan langsung dengan mengandalkan repetisi/murojaah (pengulangan) dilaksanakan di jam sekolah / KBM untuk kelas fullday maupun boarding dan tambahan di luar jam KBM yaitu sore, malam dan pagi hari untuk kelas boarding. Diperoleh kemajuan juziah siswa dari sekolah dasar islam terpadu dan dengan model pembelajaran kelas boarding maupun kelas fullday setelah mengikuti pembelajaran Al Quran dengan metode Ummi berpengaruh motivasi pembelajaran, artinya; mengalami perubahan signifikan jumlah hafalan. Inferensi statistik digunakan untuk pengambilan kesimpulan tentang parameter keberhasilan capaian hafalan Al Quran berdasarkan data juziah bahwa mean dari populasi santri dengan nilai signifikansi < 0.05 dan nilai t positif, maka H0=ditolak, dengan demikian perubahan hasil kegiatan juziah bulan juli 2024 dan bulan januari 2025, dapat disimpulkan bahwa: Program kelas boarding sangat efektif dalam implementasi pembelajaran metode ummi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 2709-2724.

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 356-370.

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1), 68-89.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Firdausi, A. A., & ristanto, iwan. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Metode Ummi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al Qur’an Pada Siswa Fullday & Boarding SMPIT Al Huda Wonogiri. Jurnal Pendidikan, 34(1), 61–68. https://doi.org/10.32585/jp.v34i1.6282

Issue

Section

Artikel