ANALISIS PEMANFAATAN APLIKASI TRANSLITERASI AKSARA BALI PADA PEMBELAJARAN BAHASA BALI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS

Penulis

  • Ida Ayu Putu Purnami Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.32585/kawruh.v4i2.2194

Kata Kunci:

Aplikasi, Transliterasi Aksara Bali, Menulis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi transliterasi aksara Bali pada pembelajaran bahasa Bali tingkat SMA, serta faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan pembelajaran dengan aplikasi transeliterasi aksara Bali di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA, sedangkan objek penelitian adalah: 1) pemanfaatan aplikasi transliterasi aksara Bali pada pembelajaran bahasa Bali tingkat SMA, 2) faktor pendukung pemanfaatan aplikasi transliterasi aksara Bali pada pembelajaran bahasa Bali tingkat SMA. Adapun hasil yang didapat yaitu aplikasi ini sangat bermanfaat bagi siswa dalam pembelajaran , siswa lebih fokus belajar aksara Bali, nilai siswa dalam menulis aksara Bali meningkat. Penelitian ini juga bermanfaat bagi guru dalam pengembangan pembelajaran inovatif di kelas, selain itu penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk melakukan penelitian sejenis.

Referensi

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmuni. (2020). “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya”. Jurnal Pedagogy. Volume 7. Nomor 4

Fausan, Sri Ati. (2018). “ Pemanfaatan Aplikasi iPusnas Berbasis Android Di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia”. Jurnal Ilmu Perpustakaan. Vol 7. No. 4 Diambil dari https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1438808 (Diakses Senin, 08 Agustus 2021).

Hikmawan, Try, Alit Starino. 2018. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol 3. No 1 Diambil dari : https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/9459/5849 (Di akses Minggu, 09 Agustus 2021)

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Malang: Pustakaraya.

Maknuni, Jauharil. (2020). “Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19”. Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL). Vol.2. No. 2

Maknuni, Jauharil. (2020). “Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19”. Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL). Vol.2. No. 2

Margono. (2003). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Pohan, Albert Efendi. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Batam : CV Sarnu Untung

Scawab. Klaus. (2016). The Fourth Industrial Revolution: what it means, how to respond. Di ambil dari : https://www.weforum.org/agenda/2016/01/the-fourth- industrialrevolution-what-it-means-and-how-to-respond/ (diakses Selasa, 16 Februari 2020)

Suardi, Moh. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Deeppublish

Sugiyono.(2006).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta.

Wina, Sanjaya. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-31

Cara Mengutip

Purnami, I. A. P. (2022). ANALISIS PEMANFAATAN APLIKASI TRANSLITERASI AKSARA BALI PADA PEMBELAJARAN BAHASA BALI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS. Kawruh: Journal of Language Education, Literature, and Local Culture, 4(2), 96–104. https://doi.org/10.32585/kawruh.v4i2.2194

Terbitan

Bagian

Artikel