Pola Komunikasi pada Praktik Meditasi di Sekolah Berbasis Buddhis

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v5i2.1394

Keywords:

Buddha, Communication Patterns, Pendidikan Karakter, Pola Komunikasi, Meditasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pola komunikasi pada penerapan praktik meditasi di sekolah berbasis Buddhis di Banten. Sekolah berbasis Buddhis di Banten terdiri dari: Sekolah Dharma Putra, Sekolah Ariya Metta, Sekolah Atisa Dipamkara, Sekolah Jaya Manggala, Sekolah Bodhisatta, Sekolah Punna Karya, Sekolah Perguruan Buddhi, dan Ehipassiko School. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif-komparatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen yang kemudian data dianalisis lintas situs menggunakan teknik Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik meditasi di sekolah berbasis Buddhis di Banten berdasar pada ajaran Buddha dengan tipe pola komunikasi pelengkapan (complementary relationship) dan jenis pola komunikasi interaksional dengan tujuan yang sama yakni membentuk karakter positif siswa sesuai harapan pemerintah, sekolah dan orangtua. Penelitian ini berimplikasi sebagai bukti upaya sekolah Buddhis dalam mensukseskan program penguatan pendidikan karakter yang dicanangkan pemerintah serta dapat menjadi bahan pertimbangan pengambilan kebijakan terkait pola komunikasi pada penerapan meditasi di sekolah-sekolah.

References

Anggraini, F. (2018) ‘Gangguan Proses Komunikasi Dalam Home Schooling Antara Ayah Dan Anak’, E-Komunikasi, 6(1).

Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

BBC.com (2018) Kekerasan terhadap siswa masih marak, guru berdalih ’demi kedisiplinan. Available at: https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-44925805 (Accessed: 26 January 2021).

Bogdan, R. and Taylor, S. . (1975) Introduction to Qualitative Research Method. New York: John Willey and Sons.

Halford, G. S. (2016) ‘Cognitive developmental theories’, The Curated Reference Collection in Neuroscience and Biobehavioral Psychology, (December 2015), pp. 298–308. doi: 10.1016/B978-0-12-809324-5.05787-4.

Heider, F. (1958) The Psychology of Interpersonal Relations. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Himi, B. (2010) The Path of Purification: Visuddhimagga / Buddhaghosa Himi; tr. By Nyanamoli Himi. Kandy: Buddhist Publication Society.

Holton, V. and Dent, F. E. (2007) ‘Developing Effective Communication Skills’, Journal of Oncology Practice. London: Palgrave Macmillan UK, 3(6), pp. 314–317. doi: 10.1200/JOP.0766501.

Kristofer, I. and Susanto, E. H. (2019) ‘Pola Komunikasi Dalam Upacara Adat Teapai di Lingkup Etnis Tionghoa Jakarta’, Koneksi, 2(2), p. 387. doi: 10.24912/kn.v2i2.3914.

Kurniawan, D. (2018) ‘Komunikasi Model Laswell Dan Stimulus-Organism-Response Dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan’, Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), p. 60. doi: 10.32585/jkp.v2i1.65.

Littlejohn, S. W. and Karen A Foss (2009) Teori Komunikasi, Theories of Human Communication, Edisi Sembilan. Jakarta: Salemba Humanika.

Mashabi, S. (2020) LPSK: Kekerasan Seksual di Sekolah Cukup Tinggi. Available at: https://nasional.kompas.com/read/2020/08/06/16420041/lpsk-kekerasan-seksual-di-sekolah-cukup-tinggi (Accessed: 26 January 2021).

Matuzzahara, P., Sardi, I., & Nurfathiya, P. (2020) ‘Analisis Gangguan (Noise) dalam Proses Komunikasi dengan Penerapan Teknologi Padi Sawah di Desa Penapalan Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo’, Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 22(2), pp. 58–68. doi: 10.22437/jiseb.v22i2.8703.

Mauliya, A. (2019) ‘Perkembangan Kognitif pada Peserta Didik SMP (Sekolah Menengah Pertama) Menurut Jean Piaget’, ScienceEdu, II(2), p. 86. doi: 10.19184/se.v2i2.15059.

Miles, M. B. and A. Michael Huberman (1992) Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. 1st edn. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Milgram, S. (1974) Obedience to Authority: An Experimental View. New York: Harper and Row.

Moleong, L. . (2011) Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhibah, S. (2020) ‘Model Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Universitas Tirtayasa Banten’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(1), pp. 54–69. doi: 10.32729/edukasi.v18i1.683.

Muin, A. (2013) ‘Penguatan Karakter Melalui Pendidikan Islam Di Tk Mawaddah Kota Banjarmasin’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 11(2), pp. 199–217. doi: 10.32729/edukasi.v11i2.434.

Nasa, R. and Nuwa, G. (2019) ‘Penguatan Nilai Karakter melalui Kegiatan Meditasi Kitab Suci di Sekolah Menengah Pertama Seminari Maria Bunda Segala Bangsa Maumere Nusa Tenggara Timur’, Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), pp. 53–61. doi: 10.24269/jpk.v4.n2.2019.

Pinazo, D., García-Prieto, L. T. and García-Castellar, R. (2020) ‘Implementation of a program based on mindfulness for the reduction of aggressiveness in the classroom’, Revista de Psicodidáctica (English ed.). Universidad de País Vasco, 25(1), pp. 30–35. doi: 10.1016/j.psicoe.2019.08.003.

Prasetyo, M. A. M. and Anwar, K. (2021) ‘Karakteristik Komunikasi Interpersonal serta Relevansinya dengan Kepemimpinan Transformasional’, Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), p. 25. doi: 10.32585/jkp.v5i1.1042.

Rose, C. and Malcolm J. Nicholl (2002) Accelerated Learning For The 21th Century: Cara Belajar Cepat Abad XXI. Jakarta: Nuansa.

Setyadi, D., Kustiani and Sukodoyo (2020) ‘Makna Meditasi Vipassana bagi Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Syailendra’, Jurnal Pencerahan, 13(1), pp. 52–61. doi: 10.5874/jfsr.14.2_70.

Sivaramappa, B. et al. (2019) ‘Effect of anapanasati meditation on verbal aggression: A randomized controlled trial’, Complementary Therapies in Clinical Practice, 36(July 2018), pp. 77–81. doi: 10.1016/j.ctcp.2019.06.004.

Sugianto (2018) ‘Pembiasaan Meditasi pada Siswa Sekolah Dasar Berciri Buddhis di Jakarta dan Tangerang’, Vijjacariya, 5(1), p. 95.

Sugiyono (2011) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

West, R. and Lynn H. Turner (2012) Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Yuli, P., Subawa, P. and Suparya, I. K. (2020) ‘Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbantuan Media Audio Visual’, 1(2), pp. 103–112.

Downloads

Published

2021-07-09

How to Cite

Paramita, P. R. (2021). Pola Komunikasi pada Praktik Meditasi di Sekolah Berbasis Buddhis. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(2), 197–213. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i2.1394

Issue

Section

Artikel