UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE MIND MAP PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TRUCUK
DOI:
https://doi.org/10.32585/absis.v1i1.311Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan metode pembelajaran mind map pada siswa, (2) meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan metode pembelajaran mind map. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Trucuk Kelas VII B yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data yang dianalisis berupa data hasil observasi keaktifan dan data tes hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan metode pembelajaran mind map pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Keaktifan belajar siswa yang meningkat adalah peningkatan siswa memperhatikan penjelasan dari guru, peningkatan siswa aktif mencatat poin-poin penting penjelasan guru, peningkatan siswa membuat pokok bahasan bangun datar segitiga pada tengah kertas, peningkatan menyusun cabang- cabang pendukung dari pokok bahasan, dapat membuat hubungan antara pokok bahasan dengan cabang pendukung dengan menggunakan simbol, membuat kata kunci pada setiap simbol, dan menggunakan bolpoin warna-warni untuk mensimbolisasi sesuatu, (2) penerapan metode pembelajaran mind map pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata dari tes pada setiap akhir siklus. Pada siklus I dan II selalu mengalami kenaikan dengan skor terendah 62 (siklus I), menjadi 67 (siklus II). Pada siklus I dan II skor tertinggi 100. Rata-rata kelas dari 75,73 (siklus I) menjadi 83,33 (siklus II). Persentase ketuntasan 66,67% (siklus I) menjadi 83,33% (siklus II).Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2019-08-13
How to Cite
Saputri, L. K., & Sungkono, J. (2019). UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE MIND MAP PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TRUCUK. Absis: Mathematics Education Journal, 1(1), 31–35. https://doi.org/10.32585/absis.v1i1.311
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with the Absis: Mathematics Education Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.