IMPLEMENTASI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.32585/absis.v1i2.570Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan tahapan implementasi strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada pembelajaran SPLTV. (2) mengetahui tingkat respon siswa terhadap implementasi strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada pembelajaran SPLTV. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam. Data pertama adalah data skor angket yang diperoleh dari angket respon siswa. Data kedua adalah dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang mengarah pada strategi Active Knowledge Sharing. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, dan metode angket. Langkah pembelajaran SPLTV dengan Strategi Active Knowledge Sharing sebagai berikut. (1) guru menyiapkan daftar pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang diajarkan. (2) guru membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang. (3) guru membagikan pertanyaan yang ditujukan kepada masing-masing kelompok. (4) guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan. (5) guru meminta salah satu siswa dari masing-masing kelompok untuk menyebar di dalam ruangan, mencari siswa dari kelompok lain yang dapat menjawab pertanyaan yang mereka tidak bisa menjawabnya. Pada kegiatan ini guru mendorong siswa untuk membagi pengetahuan mereka secara aktif. (6) guru meminta siswa untuk kembali ke tempat kelompoknya semula. (7) guru bersama-sama siswa membahas jawaban yang telah mereka dapatkan. (8) guru bersama siswa menyimpulkan materi. (9) guru memberikan evaluasi. Pelaksanan pembelajaran dengan Kombinatorik memiliki tingkat keberhasilan baik, artinya siswa merasa terbantu dan tertarik pada pembelajaran SPLTV dengan metode Active Knowledge Sharing.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Absis: Mathematics Education Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.