MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR

Authors

  • Diyan Pratama Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Herry Agus Susanto
  • Annisa Prima Exacta

DOI:

https://doi.org/10.32585/absis.v1i2.571

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI TKJ Tamansiswa Sukoharjo Tahun Ajaran 2019/2020 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbasis Lesson Study (LS). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tindakan pembelajaran ada dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Tamansiswa Sukoharjo yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, angket, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam hasil tes dan angket menggunakan teknik analisis data deskriptif, yaitu dengan membandingkan nilai antar siklus maupun dengan indikator kinerja. Pada pra tindakan persentase ketuntasan kelas sebesar 29,41% dan rata-rata persentase minat belajar siswa yaitu 67%. Sedangkan pada tahap siklus I persentase ketuntasan kelas meningkat menjadi 62,5% dan rata-rata persentase minat belajar siswa meningkat menjadi 71%. Siklus II persentase ketuntasan kelas meningkat menjadi 75% dan rata-rata persentase minat belajar siswa meningkat menjadi 76% .Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbasis Lesson Study (LS) dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI TKJ SMK Tamansiswa Sukoharjo tahun ajaran 2019/2020.

Published

2020-03-10

How to Cite

Pratama, D., Susanto, H. A., & Exacta, A. P. (2020). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR. Absis: Mathematics Education Journal, 1(2), 65–71. https://doi.org/10.32585/absis.v1i2.571