Peningkatan pengetahuan ibu hamil tentang ASI dan persiapan menyusui eksklusif

Authors

  • Wahyuningsih Wahyuningsih
  • Marni Marni Akper Giri Satria Husada, Wonogiri

DOI:

https://doi.org/10.32585/educate.v1i1.1799

Keywords:

Ibu Hamil, ASI, Menyusui Esksklusif

Abstract

Menyusui bayi merupakan kodrat wanita di dunia. Menyusui mempunyai banyak keuntungan baik bagi bayi, ibu, dan keluarga. Keuntungan bagi bayi, ASI mampu memenuhi kebutuhan/kecukupan nutrisi bayi sampai usia 6 bulan, ASI memiliki zat antibody yang diperlukan bayi terhindar dari penyakit infeksi dan menular, ASI meningkatkan daya tahan tubuh. Bagi ibu ASI memberi keuntungan dalam segi kepraktisan maksudnya ibu tidak perlu repot menyiapkan air hangat dan botol untuk menyiapkan minum bagi bayinya. Bagi keluarga ASI memberi manfaat dan keuntungan karena bayi cukup diberi ASI  sampai 6 bulan pertama sehingga menekan pengeluaran untuk membeli susu formula.

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang ASI eksklusif sehingga ibu hamil bisa mempersiapkan menyusui bayi secara eksklusif sejak dini.

Di Kelurahan Giripurwo Wonogiri cakupan pemberian ASI eksklusif sudah cukup tinggi yakni mencapai 90% dari jumlah total ibu menyusui (pernyataan bidan wilayah). Namun akan lebih baik jika ibu hamil diberikan tambahan informasi tentang ASI eksklusif karena persiapan menyusui secara eksklusif dimulai sejak masa kehamilan.

Kegiatan dilakukan di kelas ibu hamil Kelurahan Giripurwo pada 8 ibu hamil yang hadir pada saat kegiatan PKD kelas ibu hamil Purwo Asih. Ibu hamil berjanji hanya akan memberikan ASI saja pada bayinya sampai 6 bulan pertama.

Diharapkan kegiatan serupa bisa dilakukan di kelas ibu hamil yang lain di wilayah kabupaten Wonogiri mengingat pentingnya pemberian ASI eksklusif pada bayi.

References

Fatimah, Siti. 2017. “Hubungan Karakteristik Dan Pengetahuan Ibu Dengan Pemberian ASI Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Turi Tahun 2017.” Politeknik Kesehatan Yogyakarta.

Lindawati, Revi. 2019. “Hubungan Pengetahuan, Pendidikan Dan Dukungan Keluarga Dengan Pemberian ASI Eksklusif.” Faletehan Health Journal 6(1): 30–36.

Mufdlilah. 2017. Buku Pedoman Pemberdayaan Ibu Menyusui Pada Program ASI Ekslusif.

Nasihah, Latifatun. 2015. “The Relationship Between Educational and Mother Behavior in Providing Breast Feeding in Midwifery Clinic Ny. Andre Kediri.” Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery) 2(2): 144–49.

Priyati, Retno Rahayu. 2019. “Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Manajemen Laktasi Dengan Kesiapan Ibu Memberikan ASI Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Wirobrajan Kota Yogyakarta.”

Purwanti, H. S. (2014). Konsep Penerapan ASI Eksklusif; Buku Saku Untuk Bidan: Buku Kedokteran EGC ; Jakarta

Roesli, U. (2012). ASI, Hak Asasi Anak; Untaian Bunga Rampai : Bengkel Buku ; Yogyakarta

Suradi, R. (2014). Bahan Bacaan Manajemen Laktasi : Perkumpulan Perinatologi Indonesia ; Jakarta

Published

2021-09-06

How to Cite

Wahyuningsih, W., & Marni, M. (2021). Peningkatan pengetahuan ibu hamil tentang ASI dan persiapan menyusui eksklusif. Educate: Journal of Community Service in Education, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.32585/educate.v1i1.1799

Issue

Section

Artikel