Peningkatan pengetahuan ibu hamil tentang ASI dan persiapan menyusui eksklusif
DOI:
https://doi.org/10.32585/educate.v1i1.1799Kata Kunci:
Ibu Hamil, ASI, Menyusui EsksklusifAbstrak
Menyusui bayi merupakan kodrat wanita di dunia. Menyusui mempunyai banyak keuntungan baik bagi bayi, ibu, dan keluarga. Keuntungan bagi bayi, ASI mampu memenuhi kebutuhan/kecukupan nutrisi bayi sampai usia 6 bulan, ASI memiliki zat antibody yang diperlukan bayi terhindar dari penyakit infeksi dan menular, ASI meningkatkan daya tahan tubuh. Bagi ibu ASI memberi keuntungan dalam segi kepraktisan maksudnya ibu tidak perlu repot menyiapkan air hangat dan botol untuk menyiapkan minum bagi bayinya. Bagi keluarga ASI memberi manfaat dan keuntungan karena bayi cukup diberi ASI sampai 6 bulan pertama sehingga menekan pengeluaran untuk membeli susu formula.
Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang ASI eksklusif sehingga ibu hamil bisa mempersiapkan menyusui bayi secara eksklusif sejak dini.
Di Kelurahan Giripurwo Wonogiri cakupan pemberian ASI eksklusif sudah cukup tinggi yakni mencapai 90% dari jumlah total ibu menyusui (pernyataan bidan wilayah). Namun akan lebih baik jika ibu hamil diberikan tambahan informasi tentang ASI eksklusif karena persiapan menyusui secara eksklusif dimulai sejak masa kehamilan.
Kegiatan dilakukan di kelas ibu hamil Kelurahan Giripurwo pada 8 ibu hamil yang hadir pada saat kegiatan PKD kelas ibu hamil Purwo Asih. Ibu hamil berjanji hanya akan memberikan ASI saja pada bayinya sampai 6 bulan pertama.
Diharapkan kegiatan serupa bisa dilakukan di kelas ibu hamil yang lain di wilayah kabupaten Wonogiri mengingat pentingnya pemberian ASI eksklusif pada bayi.
Unduhan
Referensi
Fatimah, Siti. 2017. “Hubungan Karakteristik Dan Pengetahuan Ibu Dengan Pemberian ASI Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Turi Tahun 2017.” Politeknik Kesehatan Yogyakarta.
Lindawati, Revi. 2019. “Hubungan Pengetahuan, Pendidikan Dan Dukungan Keluarga Dengan Pemberian ASI Eksklusif.” Faletehan Health Journal 6(1): 30–36.
Mufdlilah. 2017. Buku Pedoman Pemberdayaan Ibu Menyusui Pada Program ASI Ekslusif.
Nasihah, Latifatun. 2015. “The Relationship Between Educational and Mother Behavior in Providing Breast Feeding in Midwifery Clinic Ny. Andre Kediri.” Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery) 2(2): 144–49.
Priyati, Retno Rahayu. 2019. “Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Manajemen Laktasi Dengan Kesiapan Ibu Memberikan ASI Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Wirobrajan Kota Yogyakarta.”
Purwanti, H. S. (2014). Konsep Penerapan ASI Eksklusif; Buku Saku Untuk Bidan: Buku Kedokteran EGC ; Jakarta
Roesli, U. (2012). ASI, Hak Asasi Anak; Untaian Bunga Rampai : Bengkel Buku ; Yogyakarta
Suradi, R. (2014). Bahan Bacaan Manajemen Laktasi : Perkumpulan Perinatologi Indonesia ; Jakarta
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Educate: Journal of Community Service in Education agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.