Pembekalan calon petugas penyuluh kesehatan dalam rangka meningkatkan kualitas serta kinerja petugas penyuluh di Wonogiri

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32585/educate.v1i1.1808

Keywords:

Peran, Petugas Penyuluh, Kualitas, Kinerja

Abstract

Latar Belakang: Upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat ditentukan oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pencapaian tujuan tersebut adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu keberadaan petugas penyuluh kesehatan yang berkualitas dan cakap. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kecakapan petugas penyuluh kesehatan selama menjalankan peran dan fungsinya sebagai petugas kesehatan, sehingga diharapkan dapat mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu terwujudnya upaya kesehatan promotif dan preventif, peningkatan derajat kesehatan masyarakat serta pencegahan terhadap kondisi sakit. Metode: Kegiatan ini dilaksanakan melalui ceramah dan diskusi dengan peserta sejumlah 23 orang, sehubungan dengan masih berlangsungnya masa pandemi maka seluruh proses berlangsung secara daring. Ada 3 tahap di dalamnya yaitu penyampaian materi, diskusi tanya jawab serta monitoring dan evaluasi. Hasil: Seluruh peserta menyatakan puas dengan kegiatan ini, dimana 87% menyatakan terkait peran petugas penyuluh kesehatan adalah memberikan edukasi, memberikan motivasi, membantu menyampaikan informasi penting terkait kesehatan, menyebarkan pesan mengenai pendidikan kesehatan, memberikan solusi menyelesaikan masalah. Sebelum memberikan penyuluhan, petugas perlu melakukan analisis kebutuhan kesehatan di masyarakat, masalah kesehatan apa yang saat itu sedang dihadapi masyarakat. Kesimpulan: Peran petugas penyuluh dalam memberikan edukasi di masyarakat tidak lepas dari tingkat pemahaman petugas akan materi penyuluhan, kecakapan petugas berinteraksi dengan masyarakat serta kesesuaian antara topik penyuluhan dengan kebutuhan masyarakat..

Author Biographies

Nita Yunianti Ratnasari, Akademi Keperawatan Giri Satria Husada Wonogiri

Departemen Keperawatan komunitas dan Keluarga

Marni Marni

Keperawatan Anak

References

Ifroh, R. H., Susanti, R., Permana, L., & Noviasty, R. (2019). PERAN PETUGAS PROMOSI KESEHATAN DALAM PENGGUNAAN AUDIOVISUAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INFORMASI DAN EDUKASI. Jurnal Ilmu Kesehatan Vol., 7(2), 281–289.

Kemenkes, R. (2011). PROMOSI KESEHATAN DI DAERAH BERMASALAH KESEHATAN Panduan bagi Petugas Kesehatan di Puskesmas. In PROMOSI KESEHATAN DI DAERAH BERMASALAH KESEHATAN. Kementerian Kesehatan RI Pusat Promosi Kesehatan.

Marlina. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA TATANAN RUMAH TANGGA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DELENG POKHKISEN KABUPATEN ACEH TENGGARA. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 5(1), 16–24.

Maulana, M. N. (2017). PERAN PETUGAS KESEHATAN PUSKESMAS LUMBUNG DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI IBU MENGENAI PEMBERIAN IMUNISASI BAYI DI DESA DARMARAJA KECAMATAN LUMBUNG KABUPATEN CIAMIS. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 3(3), 148–163. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v3i3.750

Ratnasari, N. Y. (2019). Upaya pemberian penyuluhan kesehatan tentang diabetes mellitus dan senam kaki diabetik terhadap pengetahuan dan keterampilan masyarakat desa Kedungringin, Wonogiri. Indonesian Journal of Community Services, 1(1), 105. https://doi.org/10.30659/ijocs.1.1.105-115

Sabati, M. R., & Nuryanto. (2015). PERAN PETUGAS KESEHATAN TERHADAP KEBERHASILAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF (Studi Kualitatif di Wilayah Puskesmas Sekaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang). Journal of Nutrition College, 4(2), 526–533.

Sofi Hidayati, A., Istiaji, E., & Sandra, C. (2016). Gambaran Pelaksanaan Promosi Kesehatan pada Instalasi Rawat Jalan Ditinjau dari Pendekatan PRECEDE -PROCEED Fase Lima dan Enam (Studi Kualitatif di Rumah Sakit Paru Jember) (Describing of Health Promotion Implementations on Outpatient Installation in Term. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa 2016.

Wulandari, W., Kartikasari, D. A., & Ratri, L. P. (2019). PERAN PETUGAS KESEHATAN TERHADAP SANITASI RUMAH DI KELURAHAN SEMANGGI KOTA SURAKARTA. Jurnal Kesehatan, 12(1), 40–45.

Yuniarti, Shaluhiyah, Z., & Widjanarko, B. (2012). Kinerja Petugas Penyuluh Kesehatan Masyarakat dalam Praktek Promosi Kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Pati. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 7(2), 165–173.

Published

2021-09-06

How to Cite

Ratnasari, N. Y., & Marni, M. (2021). Pembekalan calon petugas penyuluh kesehatan dalam rangka meningkatkan kualitas serta kinerja petugas penyuluh di Wonogiri. Educate: Journal of Community Service in Education, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.32585/educate.v1i1.1808

Issue

Section

Artikel