Pelatihan menulis artikel ilmiah jurnal terakreditasi Sinta dan terindeks Scopus dalam mengembangkan kompetensi profesional dosen

Authors

  • Jauhan Budiwan IAI Sunan Giri Ponorogo
  • Meidawati Suswandari Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/educate.v1i1.1797

Keywords:

artikel ilmiah, publikasi, jurnal nasional, SINTA, scopus

Abstract

Kegiatan pelatihan bertujuan: 1). Memberikan pengetahuan latihan bagi dosen yang belum berpengalaman dalam menulis artikel ilmiah di jurnal nasional terindeks SINTA dan jurnal internasional terindeks Scopus, 2). Mendorong, mengembangkan dan meningkatkan jumlah publikasi hasil riset dosen di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAI Sunan Giri Ponorogo. Kegiatan ini dilaksanakan empat tahap, yaitu pertama Penyampaian materi tentang membuat tulisan ilmiah dan sistematika, kaidah penulisan artikel ilmiah, strategi menemukan sumber referensi, kedua Prelatihan membuat artikel ilmiah dipandu oleh pemateri, ketiga Pendampingan menulis artikel ilmiah, keempat Evaluasi pelatihan menulis artikel ilmiah jurnal nasional terindeks SINTA dan jurnal internasional internasional terindeks Scopus. Adapun yang menjadi subyek sasaran dari pelatihan ini adalah Dosen di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAI Sunan Giri Ponorogo sejumlah 42 orang dosen. Hasil pelatihan menyatakan keberhasilan pelatihan dikarenakan munculnya kemauan dan dorongan dosen IAI Sunan Giri Ponorogo menulis artikel ilmiah dipublikasikan. Pelatihan penulisan artikel ilmiah jurnal nasional SINTA dan jurnal internasional terindeks Scopus telah berhasil mencapai 43%, hal ini melebihi dari target keberhasilan sejumlah 20%.  Dengan demikian, membuktikan ketika peningkatan publikasi ilmiah tidak hanya berdampak terhadap pengembangan pendidikan tinggi, tetapi memperlihatkan kualitas penelitian serta meningkatkan kompentensi dosen Indonesia di tingkat internasional.

References

Ginanjar, A. (2018). Peningkatan Mutu Karya tulis Dosen FIS dengan menggunakan Reference Manager Software Mendeley. Jurnal Harmo Y, 3(2), 199–203.

Nafilatur Rohmah, Muhammad Huda A.Y, K. (2016). Strategi Peningkatan Kemampuan Dosen dalam Penulisan Karya Ilmiah ( Studi Multi Kasus pada UNISDA dan STAIDRA di Kabupaten Lamongan). Jurnal Pendidikan, 1(7), 1312–1322.

Nento, S. (2018). Analisis Kompetensi Profesional dan Kinerja Dosen. Jurnal Ilmiah Iqra’, 6(1). https://doi.org/10.30984/jii.v6i1.619

Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–23.

Nurutami, R., & Adman, A. (2016). Kompetensi Profesional Guru Sebagai Determinan Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 119. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3345

Riwandi. (2012). Makna menulis artikel di jurnal ilmiah. Jurnal Ekoteknologi, 2(2), 1–6.

Suswandari, M. (2021). Lesson Study berbantuan word square dalam pengembangan kompetensi profesional dosen. Nuta Media.

Wicaksana, A. (2019). Pelatihan penulisan ilmiah sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis ilmiah. Jurnal Plakat, 1(1), 8–16.

http://forlap.ristekdikti.go.id/dosen (diakses 24 Agustus 2021)

http://slidetodoc.com.KebijakanPublikasiIlmiahpadaSubitFasilitasiPublikasiIlmiah.html (Diakses pada tanggal 24 Agustus 2021).

http://luk.staff.ugm.ac.id/acu/Karya IlmiahDikti.pptx (Diakses pada tanggal 25 Agustus 2021).

Published

2021-09-06

How to Cite

Budiwan, J., & Suswandari, M. (2021). Pelatihan menulis artikel ilmiah jurnal terakreditasi Sinta dan terindeks Scopus dalam mengembangkan kompetensi profesional dosen. Educate: Journal of Community Service in Education, 1(1), 9–19. https://doi.org/10.32585/educate.v1i1.1797

Issue

Section

Artikel