Pelatihan menulis artikel ilmiah jurnal terakreditasi Sinta dan terindeks Scopus dalam mengembangkan kompetensi profesional dosen
DOI:
https://doi.org/10.32585/educate.v1i1.1797Keywords:
artikel ilmiah, publikasi, jurnal nasional, SINTA, scopusAbstract
Kegiatan pelatihan bertujuan: 1). Memberikan pengetahuan latihan bagi dosen yang belum berpengalaman dalam menulis artikel ilmiah di jurnal nasional terindeks SINTA dan jurnal internasional terindeks Scopus, 2). Mendorong, mengembangkan dan meningkatkan jumlah publikasi hasil riset dosen di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAI Sunan Giri Ponorogo. Kegiatan ini dilaksanakan empat tahap, yaitu pertama Penyampaian materi tentang membuat tulisan ilmiah dan sistematika, kaidah penulisan artikel ilmiah, strategi menemukan sumber referensi, kedua Prelatihan membuat artikel ilmiah dipandu oleh pemateri, ketiga Pendampingan menulis artikel ilmiah, keempat Evaluasi pelatihan menulis artikel ilmiah jurnal nasional terindeks SINTA dan jurnal internasional internasional terindeks Scopus. Adapun yang menjadi subyek sasaran dari pelatihan ini adalah Dosen di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAI Sunan Giri Ponorogo sejumlah 42 orang dosen. Hasil pelatihan menyatakan keberhasilan pelatihan dikarenakan munculnya kemauan dan dorongan dosen IAI Sunan Giri Ponorogo menulis artikel ilmiah dipublikasikan. Pelatihan penulisan artikel ilmiah jurnal nasional SINTA dan jurnal internasional terindeks Scopus telah berhasil mencapai 43%, hal ini melebihi dari target keberhasilan sejumlah 20%. Dengan demikian, membuktikan ketika peningkatan publikasi ilmiah tidak hanya berdampak terhadap pengembangan pendidikan tinggi, tetapi memperlihatkan kualitas penelitian serta meningkatkan kompentensi dosen Indonesia di tingkat internasional.
Downloads
References
Ginanjar, A. (2018). Peningkatan Mutu Karya tulis Dosen FIS dengan menggunakan Reference Manager Software Mendeley. Jurnal Harmo Y, 3(2), 199–203.
Nafilatur Rohmah, Muhammad Huda A.Y, K. (2016). Strategi Peningkatan Kemampuan Dosen dalam Penulisan Karya Ilmiah ( Studi Multi Kasus pada UNISDA dan STAIDRA di Kabupaten Lamongan). Jurnal Pendidikan, 1(7), 1312–1322.
Nento, S. (2018). Analisis Kompetensi Profesional dan Kinerja Dosen. Jurnal Ilmiah Iqra’, 6(1). https://doi.org/10.30984/jii.v6i1.619
Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–23.
Nurutami, R., & Adman, A. (2016). Kompetensi Profesional Guru Sebagai Determinan Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 119. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3345
Riwandi. (2012). Makna menulis artikel di jurnal ilmiah. Jurnal Ekoteknologi, 2(2), 1–6.
Suswandari, M. (2021). Lesson Study berbantuan word square dalam pengembangan kompetensi profesional dosen. Nuta Media.
Wicaksana, A. (2019). Pelatihan penulisan ilmiah sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis ilmiah. Jurnal Plakat, 1(1), 8–16.
http://forlap.ristekdikti.go.id/dosen (diakses 24 Agustus 2021)
http://slidetodoc.com.KebijakanPublikasiIlmiahpadaSubitFasilitasiPublikasiIlmiah.html (Diakses pada tanggal 24 Agustus 2021).
http://luk.staff.ugm.ac.id/acu/Karya IlmiahDikti.pptx (Diakses pada tanggal 25 Agustus 2021).
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Educate: Journal of Community Service in Education agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.