Penyuluhan Strategi Pemasaran untuk Pengembangan UMKM Konveksi

Authors

  • Sri Purwati Universitas Islam Batik
  • Sitti Mukarromah Universitas Islam Batik
  • Nancy Oktyajati Universitas Islam Batik
  • Sri Mayasari Universitas Islam Batik
  • Bagus Andika Fitroh Universitas Islam Batik
  • Panji Wiyo Utomo Universitas Islam Batik

DOI:

https://doi.org/10.32585/educate.v2i2.2760

Keywords:

Industri Konveksi, Strategi Pemasaran, UMKM

Abstract

Usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. UMKM menjadi penunjang utama pertumbuhan perekonomian nasional dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, sehingga perkembangannya perlu dukungan dari berbagai pihak. Salah satu UMKM yang mengalami pertumbuhan positif dari tahun ke tahun adalah industri konveksi. Seiring berjalannya waktu, UMKM dibidang konveksi jumlahnya mengalami peningkatan sehingga persaingan bisnis dibidang tersebut sangat kompetitif. Konveksi Jeje Sport sebagai salah satu UMKM dibidang industri konveksi dalam produksinya mengalami beberapa kendala yaitu kurangnya pengetahuan pemasaran sehingga penjualan produknya tidak mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, serta terjadinya persaingan pasar yang semakin tinggi pada industri tersebut. Oleh karena itu perlu diadakan kegiatan pengabdian masyarakat di konveksi Jeje Sport dalam bentuk penyuluhan dibidang strategi pemasaran. Tujuan dilakukan penyuluhan ini yaitu menentukan strategi pemasaran yang paling efektif, menentukan cara untuk memuaskan kebutuhan pelanggan, serta dapat mengatasi persaingan pasar yang semakin tinggi. Pelaksanaan penyuluhan tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman terkait strategi pemasaran sehingga penjualan produk konveksi Jeje Sport mengalami peningkatan, dengan demikian kesejahteraan karyawannya juga akan meningkat.

References

Augustinah, F., & Widayati. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI MAKANAN RINGAN KRIPIK SINGKONG DI KABUPATEN SAMPANG. Jurnal Dialektika, 4(2), 1–20.

Faustina, M. G., Herawaty, T., & Barkah, C. S. (2019). PENGARUH WEB DESIGN TERHADAP INTENSI PEMBELIAN PRODUK FESYEN (Survei pada Pengunjung Website ZALORA Indonesia di Kota Bandung). Image : Jurnal Riset Manajemen, 8(1), 9–20. https://doi.org/10.17509/image.v8i1.23118

Firdaus, A. (2017). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP MINAT KONSUMEN MEMBELI PRODUK PERUMAHAN (KASUS PADA PERUMAHAN SURYA MANDIRI TEROPONG PT. EFA ARTHA UTAMA). Jom Fisip, 4(1), 1–12.

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2021). UMKM menjadi pilar penting dalam perekonomian indonesia. Ekon.Go.Id, May, 1. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia

Laksmi, W. K., Heny, M., & Dewi, U. (2016). DETERMINAN PERTUMBUHAN PRODUKSI INDUSTRI PAKAIAN JADI DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal EP Unud, 7(1), 91–113.

Priangani, A. (2013). Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persaingan Global. Jurnal Kebangsaan, 2(4), 1–9.

Tjiptodjojo, K. I. (2012). ODD PRICE: HARGA, PSIKOLOGI DAN PERILAKU KONSUMEN DALAM PURCHASE DECISION MAKING. Jurnal Manajemen, 11(2), 141–150.

Widodo, S. (2018). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Siklus Hidup Produk ( Product Life Cycle ). Jurnal Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 4(1), 84–90. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/546

Yunus, I. (2021). Strategi Pemasaran Industri Konveksi Menggunakan Analisis “SWOT.” Jurnal Ilmiah Ecobuss, 9(2), 95–99. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v9i2.784

Published

2022-12-31

How to Cite

Purwati, S., Mukarromah, S., Oktyajati, N., Mayasari, S., Fitroh, B. A., & Utomo, P. W. (2022). Penyuluhan Strategi Pemasaran untuk Pengembangan UMKM Konveksi. Educate: Journal of Community Service in Education, 2(2), 58–65. https://doi.org/10.32585/educate.v2i2.2760

Issue

Section

Artikel