Penyuluhan Strategi Pemasaran untuk Pengembangan UMKM Konveksi
DOI:
https://doi.org/10.32585/educate.v2i2.2760Keywords:
Industri Konveksi, Strategi Pemasaran, UMKMAbstract
Usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. UMKM menjadi penunjang utama pertumbuhan perekonomian nasional dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, sehingga perkembangannya perlu dukungan dari berbagai pihak. Salah satu UMKM yang mengalami pertumbuhan positif dari tahun ke tahun adalah industri konveksi. Seiring berjalannya waktu, UMKM dibidang konveksi jumlahnya mengalami peningkatan sehingga persaingan bisnis dibidang tersebut sangat kompetitif. Konveksi Jeje Sport sebagai salah satu UMKM dibidang industri konveksi dalam produksinya mengalami beberapa kendala yaitu kurangnya pengetahuan pemasaran sehingga penjualan produknya tidak mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, serta terjadinya persaingan pasar yang semakin tinggi pada industri tersebut. Oleh karena itu perlu diadakan kegiatan pengabdian masyarakat di konveksi Jeje Sport dalam bentuk penyuluhan dibidang strategi pemasaran. Tujuan dilakukan penyuluhan ini yaitu menentukan strategi pemasaran yang paling efektif, menentukan cara untuk memuaskan kebutuhan pelanggan, serta dapat mengatasi persaingan pasar yang semakin tinggi. Pelaksanaan penyuluhan tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman terkait strategi pemasaran sehingga penjualan produk konveksi Jeje Sport mengalami peningkatan, dengan demikian kesejahteraan karyawannya juga akan meningkat.
Downloads
References
Augustinah, F., & Widayati. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI MAKANAN RINGAN KRIPIK SINGKONG DI KABUPATEN SAMPANG. Jurnal Dialektika, 4(2), 1–20.
Faustina, M. G., Herawaty, T., & Barkah, C. S. (2019). PENGARUH WEB DESIGN TERHADAP INTENSI PEMBELIAN PRODUK FESYEN (Survei pada Pengunjung Website ZALORA Indonesia di Kota Bandung). Image : Jurnal Riset Manajemen, 8(1), 9–20. https://doi.org/10.17509/image.v8i1.23118
Firdaus, A. (2017). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP MINAT KONSUMEN MEMBELI PRODUK PERUMAHAN (KASUS PADA PERUMAHAN SURYA MANDIRI TEROPONG PT. EFA ARTHA UTAMA). Jom Fisip, 4(1), 1–12.
Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2021). UMKM menjadi pilar penting dalam perekonomian indonesia. Ekon.Go.Id, May, 1. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia
Laksmi, W. K., Heny, M., & Dewi, U. (2016). DETERMINAN PERTUMBUHAN PRODUKSI INDUSTRI PAKAIAN JADI DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal EP Unud, 7(1), 91–113.
Priangani, A. (2013). Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persaingan Global. Jurnal Kebangsaan, 2(4), 1–9.
Tjiptodjojo, K. I. (2012). ODD PRICE: HARGA, PSIKOLOGI DAN PERILAKU KONSUMEN DALAM PURCHASE DECISION MAKING. Jurnal Manajemen, 11(2), 141–150.
Widodo, S. (2018). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Siklus Hidup Produk ( Product Life Cycle ). Jurnal Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 4(1), 84–90. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/546
Yunus, I. (2021). Strategi Pemasaran Industri Konveksi Menggunakan Analisis “SWOT.” Jurnal Ilmiah Ecobuss, 9(2), 95–99. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v9i2.784
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Educate: Journal of Community Service in Education agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.