PELATIHAN PEMBUATAN PODCAST PENDIDIKAN SEBAGAI PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BAGI GURU DAN SISWA SMA N 1 NGUNTORONADI WONOGIRI

Penulis

  • Pardyatmoko
  • Muhlis Fajar Wicaksana
  • Harsono

DOI:

https://doi.org/10.32585/educate.v4i1.5424

Abstrak

Era digital saat ini di dunia pendidikan tingkat sekolah menengah atas (SMA) dihadapkan pada sejumlah tantangan yang signifikan. Meskipun teknologi telah membawa perubahan besar dalam cara pembelajaran dilakukan, masih ada kesenjangan dalam penggunaan inovasi dalam proses pengajaran. Banyak guru mengalami kesulitan dalam menyajikan materi pembelajaran yang menarik dan relevan bagi siswa, sementara siswa sering kali menghadapi kesulitan dalam memahami dan mengolah informasi yang diberikan. Seiring dengan mudahnya akses ke teknologi, seperti ponsel cerdas dan internet, minat siswa beralih kepada konten digital yang interaktif dan dinamis. Oleh karena itu, ada kebutuhan yang mendesak untuk menerapkan pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif dan menarik, yang dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan efektivitas pengajaran. Pelatihan dalam pembuatan podcast pendidikan menjadi solusi yang penting untuk mengatasi tantangan ini, dengan memberdayakan guru dan siswa SMA untuk menciptakan konten audio yang informatif, kreatif, dan mudah diakses. Hal ini diharapkan dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Pengabdian ini dalam prosesnya berkolaborasi dengan mitra SMA N 1 Nguntoronadi Wonogiri dengan metode pelatihan khusus secara berkala berbasis proyek yang nantinya didapat hasil berupa konten podcast. Kegiatan ini akan menghasilkan luaran berupa artikel ilmiah sebagai dokumentasi video pembelajaran guna perluasan ilmu bagi khasanah pendidikan.

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Pardyatmoko, Wicaksana, M. F., & Harsono. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN PODCAST PENDIDIKAN SEBAGAI PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BAGI GURU DAN SISWA SMA N 1 NGUNTORONADI WONOGIRI . Educate: Journal of Community Service in Education, 4(1). https://doi.org/10.32585/educate.v4i1.5424

Terbitan

Bagian

Artikel