Pelatihan Intermediate English Grammar di English Conversation Club MAN Kota Blitar dengan Menggunakan Metode Blended Learning
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijecs.v2i1.1001Abstract
Pelatihan Intermediate English Grammar di English Conversation Club (ECC) MAN Kota Blitar diadakan karena siswa ECC di MAN Kota Blitar memiliki penguasaan Intermediate English Grammar yang masih kurang. Berdasarkan hasil pre-test yang diadakan pada tanggal 14 Februari 2020, diperoleh hasil rata-rata yang tidak memuaskan yaitu 55.76. Grammar merupakan sub skill penting untuk membantu siswa dalam menulis atau berbicara dalam Bahasa Inggris secara tepat, oleh karena itu penulis merasa perlu membantu siswa tersebut agar memiliki penguasaan Intermediate English Grammar yang baik. Sebagai wujud pengabdian penulis kepada masyarakat, maka Penulis mengadakan Pelatihan Intemediate English Grammar dengan menggunakan Blended Learning yang dilaksanakan setiap hari Jumat mulai tanggal 14 Februari – 13 Maret 2020 di Aula English Corner MAN Kota Blitar, yang dilanjutkan dengan menggunakan Group WhatsApp (20 Maret-17 April 2020). Pelatihan ini diikuti oleh 50 siswa ECC MAN Kota Blitar dengan tertib. Setelah Siswa ECC MAN Kota Blitar mendapatkan pelatihan, penguasaan Grammar mereka meningkat menjadi 85.52. Dari hasil tersebut penulis berharap siswa ECC MAN Kota Blitar bisa mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat melalui pelatihan tersebut untuk menulis atau berbicara Bahasa Inggris dengan menggunakan Grammar yang tepat
Downloads
References
Al Bataineh, K. B., Banikalef, A. A. A., & Albashtawi, A. H. (2019). The Effect of Blended Learning on EFL Students’ Grammar Performance and Attitudes: An Investigation of Moodle. Arab World English Journal, 10(1), 324–334. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24093/awej/vol10no1.27
Amal, B. K. (2019). Pembelajaran Blended Learning Melalui Whatsapp Group (Wag). Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 700–702.
Fadhilawati, D. (2019). Improving the Students’ Grammar Achievement on Conditional Sentences by Using Memrise. Langlit An International Per-Reviewed Open Access Journal, 5(4), 83–95.
Ismail, S. A. A. (2010). ESP Students’ Views Of ESL Grammar Learning. Gema Online Journal of Language Studies, 10(3). Retrieved from http://ejournal.ukm.my/gema/article/view/83
Isti’anah, A. (2017). The Effect of Blended Learning to The Students’ Achievement in Grammar Class. Indonesian Journal of English Education, 4(1), 16–30. https://doi.org/10.15408/ijee.v4i1.5697.IJEE
Kusuma, C. S. D. (2019). Integrasi bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 43–50. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24493
Qindah, S. (2018). The effects of blended learning on the intrinsic motivation of Thai EFL students. The Eurasia Proceedings of Educational &Social Sciences (EPESS), 10, 11–22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.