Pelatihan Intermediate English Grammar di English Conversation Club MAN Kota Blitar dengan Menggunakan Metode Blended Learning

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijecs.v2i1.1001

Abstract

Pelatihan Intermediate English Grammar di English Conversation Club (ECC) MAN Kota Blitar diadakan karena siswa ECC di MAN Kota Blitar memiliki penguasaan Intermediate English Grammar yang masih kurang. Berdasarkan hasil pre-test yang diadakan pada tanggal 14 Februari 2020, diperoleh hasil rata-rata yang tidak memuaskan yaitu 55.76. Grammar merupakan sub skill penting untuk membantu siswa dalam menulis atau berbicara dalam Bahasa Inggris secara tepat, oleh karena itu penulis merasa perlu membantu siswa tersebut agar memiliki penguasaan Intermediate English Grammar yang baik. Sebagai wujud pengabdian penulis kepada masyarakat, maka Penulis mengadakan Pelatihan Intemediate English Grammar dengan menggunakan  Blended Learning yang dilaksanakan setiap hari Jumat mulai tanggal 14 Februari – 13 Maret 2020 di Aula English Corner MAN Kota Blitar, yang dilanjutkan dengan menggunakan Group WhatsApp (20 Maret-17 April 2020). Pelatihan ini diikuti oleh 50 siswa ECC MAN Kota Blitar  dengan tertib. Setelah Siswa ECC MAN Kota Blitar  mendapatkan pelatihan, penguasaan Grammar mereka meningkat menjadi  85.52. Dari hasil tersebut penulis berharap siswa ECC MAN Kota Blitar bisa mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat melalui pelatihan tersebut untuk menulis atau berbicara Bahasa Inggris dengan menggunakan Grammar yang tepat

Author Biographies

Dian Fadhilawati, Universitas Islam Balitar

I am an English Lecturer at English Education Department Faculty of Teacher Training and Education, Islamic University of Balitar. My research interests  include Vocabulary, TEFL, Language Assessment, Grammar, and the Use of Technology in English Classroom

Bahrul Ulum, Universitas Islam Balitar

I am an English Lecturer at English Education Department Faculty of Teacher Training and Education, Islamic University of Balitar. My research interests  include Vocabulary, TEFL,  Grammar, translation, and speakingPrincipal contact for editorial correspondence.

Moh Mansur, MAN KOTA BLITAR

I am an English Teacher at MAN Kota Blitar.  My research interests include Grammar, The use of Technology in English classrooms, and TEYL.

References

Al Bataineh, K. B., Banikalef, A. A. A., & Albashtawi, A. H. (2019). The Effect of Blended Learning on EFL Students’ Grammar Performance and Attitudes: An Investigation of Moodle. Arab World English Journal, 10(1), 324–334. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24093/awej/vol10no1.27

Amal, B. K. (2019). Pembelajaran Blended Learning Melalui Whatsapp Group (Wag). Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 700–702.

Fadhilawati, D. (2019). Improving the Students’ Grammar Achievement on Conditional Sentences by Using Memrise. Langlit An International Per-Reviewed Open Access Journal, 5(4), 83–95.

Ismail, S. A. A. (2010). ESP Students’ Views Of ESL Grammar Learning. Gema Online Journal of Language Studies, 10(3). Retrieved from http://ejournal.ukm.my/gema/article/view/83

Isti’anah, A. (2017). The Effect of Blended Learning to The Students’ Achievement in Grammar Class. Indonesian Journal of English Education, 4(1), 16–30. https://doi.org/10.15408/ijee.v4i1.5697.IJEE

Kusuma, C. S. D. (2019). Integrasi bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 43–50. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24493

Qindah, S. (2018). The effects of blended learning on the intrinsic motivation of Thai EFL students. The Eurasia Proceedings of Educational &Social Sciences (EPESS), 10, 11–22.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Fadhilawati, D., Ulum, B., & Mansur, M. (2021). Pelatihan Intermediate English Grammar di English Conversation Club MAN Kota Blitar dengan Menggunakan Metode Blended Learning. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 2(1), 18–24. https://doi.org/10.32585/ijecs.v2i1.1001

Issue

Section

Artikel