PROGRAM SAKKIA (SOSIALISASI PEMBERDAYAAN KADER KIA) DALAM MENINGKATKAN PEMANTAUAN TUMBUH KEMBANG ANAK

Authors

  • Ni'matul Ulumia Universitas Negeri Semarang - UNNES

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijecs.v3i2.1218

Abstract

Salah satu penyakit gangguan tumbuh kembang anak adalah stunting. Pada tahun 2018 jumlah kasus stunting di wilayah kerja Puskesmas Ungaran Timur sebanyak 100 kasus dan 44 diantaranya terdapat di Desa Kawengen. Untuk mengetahui gangguan tumbuh kembang anak dapat menggunakan metode Denver II. Pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, terutama kader-kader KIA di Desa Kawengen dalam pemantauan tumbuh kembang anak. Pengabdian dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, dan demonstrasi pemantauan tumbuh kembang anak menggunakan Denver II. Pengabdian ini dilakukan pada bulan Juli sampai September 2020 di Desa Kawengen, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan kader-kader KIA yang dilihat melalui peningkatan nilai pre-test dan post-test sebesar 9%. Dapat disimpulkan bahwa pengetahuan peserta mengenai pemantauan tumbuh kembang anak menggunakan Denver II sudah baik, namun perlu diiringi dengan praktik untuk mengetahui sejak dini gangguan tumbuh kembang anak.

Kata Kunci : Stunting, Tumbuh, Kembang

Author Biography

Ni'matul Ulumia, Universitas Negeri Semarang - UNNES

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

References

Asthiningsih, N. W. W., & Muflihatin, S. K. (2018). Deteksi Dini Perkembangan Balita Dengan Metode Ddst Ii Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Juanda Samarinda. Jurnal Endurance, 3(2), 367.

Sanitasari, R. D., Andreswari, D., & Purwandari, E. P. (2017). Sistem Monitoring Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun Berbasis Android. Rekursif, 5(1), 1–10.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Ulumia, N. (2022). PROGRAM SAKKIA (SOSIALISASI PEMBERDAYAAN KADER KIA) DALAM MENINGKATKAN PEMANTAUAN TUMBUH KEMBANG ANAK. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 3(2), 92–96. https://doi.org/10.32585/ijecs.v3i2.1218

Issue

Section

Artikel