Sosialisasi Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijecs.v2i2.1477Keywords:
Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring, Pandemi Covid-19Abstract
Pandemi covid 19 memberikan dampak bagi dunia pendidikan. Dimana terjadinya kegiatan pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya pembelajaran ini memberikan pengaruh pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan di rumah. Pembelajaran yang dilakukan di rumah mendapatkan kendala, antara lain; kurang tersedianya laptop, internet, hp dan kuota yang memadai. Selain itu, kurangnya kontribusi orang tua dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat memberikan pengaruh dalam prestasi belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Metode pendekatan sosialisasi yang dilakukan dengan menggunakan ceramah dan tanya jawab. Sasaran dalam kegiatan ini adalah orang tua yang memiliki anak usia sekolah dasar. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran daring yang telah dilakukan oleh peserta menggunakan model 3 yaitu adanya interaksi antara guru, peserta didik dan orang tua. Aplikasi dalam pembelajaran daring yang digunakan adalah whatsaap. Aplikasi ini dianggap paling mudah digunakan dalam berinteraksi dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Sedangkan pembelajaran luring dengan menggunakan aplikasi word telah dilakukan pada kelas tinggi di sekolah dasar.Downloads
References
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring saat Pandemi COVID-19 terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.
Handarini, O. Ik., & Wulandari, S. S. (2018). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Family Practice, 35(5), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005.
Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring : Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 17(1), 19–33. http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif Email: jurnaltatsqif@uinmataram.ac.id%0AEFEKT.
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/pedagogia.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646.
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067.
Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49–59. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405.
Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Saat Pandemi Di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487.
Rakhmawati, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Online Di Sdn Simo Kecamatan Kedungwaru. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 1(2), 66–69. https://doi.org/10.32585/ijecs.v1i2.940.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.
Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204.
Suprapto, R., Hayati, M., Nurbaity, S., Anggraeni, F., Haritsatama, S., Sadida, T. Q., Firoh, A., & Pratama, F. A. (2020). Pembiasaan Cuci Tangan yang Baik dan Benar pada Siswa Taman Kanak-Kanak (TK) di Semarang. Jurnal Surya Masyarakat, 2(2), 139. https://doi.org/10.26714/jsm.2.2.2020.139-145.
Tauhid, S. M., Foldra, F., Jayawinangun, R., & Pakuan, U. (2020). Trend Kajian Pembelajaran Daring : Suatu Telaah Pustaka. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 4(September), 157–164. https://journal.unpak.ac.id/index.php/apik.
Usman, M., Mario, M., Hasbi, H., Muhammad, R., & Genda, A. (2020). Pemanfaatan Sistem Kelola Pembelajaran (Sikola) Sebagai Media Pembelajaran Daring (On Line) bagi Dosen dan Mahasiswa Perguruan Tinggi di Masa Pandemi. Humanis, 19(2), 66–74. https://ojs.unm.ac.id/Humanis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.