Pengabdian Masyarakat Guru Di SMK 10 Nopember Sidoarjo dalam Melakukan Transformasi Pembelajaran Jarak Jauh dengan E-Learning

Authors

  • Yulius Hari Widya Kartika university
  • Agus Prayitno Widya Kartika University
  • Ririn Dina Mutfianti Universitas Widya Kartika

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijecs.v3i1.1519

Keywords:

distance learning, e-learning, community services,

Abstract

Dalam situasi pandemic COVID-19 semua elemen masyarakat dituntut untuk mengalami percepatan transformasi kedalam era digitalisasi. Dunia pendidikan juga harus terus bergerak berubah agar mampu bertahan serta melangsungkan pendidikan secara digital. Program pengabdian masyarakat ini memiliki mitra pelaksana guru-guru SMK Negeri 10 Nopember Sidoarjo. Dimana permasalahan yang dihadapi mitra adalah 1) perlunya media untuk transformasi pembelajaran jarak jauh sehingga dapat tetap melangsungkan kegiatan belajar mengajar dengan baik. 2) kurangnya pemahaman terkait penggunaan media e-learning seperti Moodle atau Google Classroom. 3)kesulitan pengukuran performa guru dan tingkat penyerapan siswa. 4) kurangnya pemahaman mengenai manajemen pembelajaran jarak jauh. Metode:1) Perancangan system elearning sekolah mandiri berbasis Moodle. 2) pelatihan dan pendampingan teknis penggunaan elearning dan manajemen PJJ. 3) pemanfaatan hybrid Zoom dan Gmeet untuk memberikan materi dan system kinerja guru. Hasil dari pengabdian ini 1) tersedianya system elearning mandiri berbasis Moodle untuk sekolah. 2) meningkatnya pemahaman guru yang diukur dari post test dan tingkat pemanfaatan elearning ini sebesar 93% dari total keseluruhan guru.

Author Biographies

Yulius Hari, Widya Kartika university

Teknik Informatika

Agus Prayitno, Widya Kartika University

Teknik Informatika

Ririn Dina Mutfianti, Universitas Widya Kartika

Arsitektur

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” SiPoSE: Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 55–61.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70.

Hari, Y., Hermawan, B., Widianto, Y., & Trisno, I. B. (2020). Assesment Online Learning System di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Technology Acceptance Model. Jurnal Teknik, 18(2), 112–122.

Hari, Y., & Yanggah, M. E. (2016). Tingkat adopsi inovasi teknologi sistem m-learning dalam pembelajaran bahasa Mandarin pada tingkat SMA.

Nico, A., Hari, Y., & Darmanto, D. (2018). KAJIAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL UNTUK PENGEMBANGAN MODEL E-LEARNING. Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER), 1(1), C10-1.

Sidqi, N. A., & Auliya, P. (2021). Analisis Kesiapan Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Saat Covid-19. Literasi: Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 137–158.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Hari, Y., Prayitno, A., & Mutfianti, R. D. (2022). Pengabdian Masyarakat Guru Di SMK 10 Nopember Sidoarjo dalam Melakukan Transformasi Pembelajaran Jarak Jauh dengan E-Learning. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 3(1), 28–34. https://doi.org/10.32585/ijecs.v3i1.1519

Issue

Section

Artikel