Pengabdian Masyarakat Guru Di SMK 10 Nopember Sidoarjo dalam Melakukan Transformasi Pembelajaran Jarak Jauh dengan E-Learning
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijecs.v3i1.1519Keywords:
distance learning, e-learning, community services,Abstract
Dalam situasi pandemic COVID-19 semua elemen masyarakat dituntut untuk mengalami percepatan transformasi kedalam era digitalisasi. Dunia pendidikan juga harus terus bergerak berubah agar mampu bertahan serta melangsungkan pendidikan secara digital. Program pengabdian masyarakat ini memiliki mitra pelaksana guru-guru SMK Negeri 10 Nopember Sidoarjo. Dimana permasalahan yang dihadapi mitra adalah 1) perlunya media untuk transformasi pembelajaran jarak jauh sehingga dapat tetap melangsungkan kegiatan belajar mengajar dengan baik. 2) kurangnya pemahaman terkait penggunaan media e-learning seperti Moodle atau Google Classroom. 3)kesulitan pengukuran performa guru dan tingkat penyerapan siswa. 4) kurangnya pemahaman mengenai manajemen pembelajaran jarak jauh. Metode:1) Perancangan system elearning sekolah mandiri berbasis Moodle. 2) pelatihan dan pendampingan teknis penggunaan elearning dan manajemen PJJ. 3) pemanfaatan hybrid Zoom dan Gmeet untuk memberikan materi dan system kinerja guru. Hasil dari pengabdian ini 1) tersedianya system elearning mandiri berbasis Moodle untuk sekolah. 2) meningkatnya pemahaman guru yang diukur dari post test dan tingkat pemanfaatan elearning ini sebesar 93% dari total keseluruhan guru.
Downloads
References
Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” SiPoSE: Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 55–61.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.
Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70.
Hari, Y., Hermawan, B., Widianto, Y., & Trisno, I. B. (2020). Assesment Online Learning System di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Technology Acceptance Model. Jurnal Teknik, 18(2), 112–122.
Hari, Y., & Yanggah, M. E. (2016). Tingkat adopsi inovasi teknologi sistem m-learning dalam pembelajaran bahasa Mandarin pada tingkat SMA.
Nico, A., Hari, Y., & Darmanto, D. (2018). KAJIAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL UNTUK PENGEMBANGAN MODEL E-LEARNING. Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER), 1(1), C10-1.
Sidqi, N. A., & Auliya, P. (2021). Analisis Kesiapan Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Saat Covid-19. Literasi: Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 137–158.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.