Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Game Bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijecs.v3i2.1654Keywords:
Media pembelajaran, game, kahootAbstract
Di era teknologi, pemanfaatan media pembelajaran telah banyak inovasi yang dilakukan. Salah satu inovasi media yang dapat mambantu pendidik dalam mengajar yaitu media pembelajaran berbasis games dengan bantuan aplikasi Kahoot. Namun, masih terdapat pendidik di sekolah mitra belum memanfaatkan teknologidalam media pebelajaran yang digunakannya. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM)adalah: (1) Memperkenalkan media pembelajaran berbasis games, (2) meningkatkan keterampilan pengajar guru dalam menggunakan media berbasis games seperti aplikasi Kahoot!. Metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu metode ceramah, demonstrasi dan penugasan. Data diperoleh dari angket kepuasan kegiatan pelatihan. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa 92,30% kegiatan ini menambah wawasan pendidik mengenai pembuatan media berbasis games, 92,00% materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan, 85,50% kegiatan menambah keterampilan pendidik dalam memanfaatkan media pembelajaran. Ada dua simpulan pada kegiatan ini, yaitu: (1) kegiatan PkM ini menjadikan pengajar atau pendidikan lebih mengenal aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran berbasis games dan memberikan manfaat untuk pendidik untuk melakukan inovasi dalam pembuatan media pembelajaran, (2) kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini meningkatkan keterampilan pendidik dalam menggunakan media games seperti aplikasi Kahoot!
Downloads
References
Adnyan, K. E., Mardani, D., & Hermawan, G. (2019). Pembuatan Kahoot ! Bagi Guru SMA / SMK. Prosiding Senadimas Ke-4, 627–635.
Arifin, T., Rosidin, U., & Wahyudi, I. (2015). Pengembangan Media Sains Barbasis Game Edukasi Pada Materi Tata Surya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(2), 135–146.
Fahmi, F. K. (2016). Pengembangan Media Games Education Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 01(02), 215–226.
Lestari, M., Darminto, B. P., & Wibowo, T. (2021). Penerapan Kahoot Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Matematika (Masa Pandemi Covid-19) Terhadap Hasil Belajar. Eksakta : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Mipa, 6, 51–57.
Licorish, S. A., Owen, H. E., Daniel, B., & George, J. L. (2018). Students’ Perception Of Kahoot!’S Influence On Teaching And Learning. Research And Practice In Technology Enhanced Learning, 13(1), 1– 23.
Oktari, Y. S. (2020). Kahoot ! Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning. Jurnal Agriwidya (Menginspirasi, 1(3), 186–200.
Rakhmawati, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Online Di Sdn Simo Kecamatan Kedungwaru. Ijecs: Indonesian Journal Of Empowerment And Community Services, 1(2), 66–69.
Rumidjan, Sumanto, Sukamti, & Sugiharti. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas: Pedagogi, 1 (1), 77–78.
Sriyanti, I., Murniati, M. ., & Yusuf, M. (2015). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Bagi Guru Sma Srijaya Negara Palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 2–18.
Sudarma K, P. K. &Prabawa. (2020). Pelatihan Pembuatan Asesmen Pembelajaran Berbasis Kuis Interaktif Bagi Guru-Guru Sd. Proceeding Senadimas Undiksha, 1478–1485.
Umbara, U., Rosyid, A., & Setiawan, D. L. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Flash Menggunakan Adobe Animate Bagi Guru Smp Di Kabupaten Kuningan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 93–104.
Wang, A. I., & Tahir, R. (2020). The Effect Of Using Kahoot! For Learning–A Literature Review. Computers & Education, 149, 103818.
Wibisono, D. (2018). The Effects Of Kahoot! In Teaching Reading To Tenth Grade Students. Magister Scientiae, 1 (45), 86–105.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.