Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Game Bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Fatma Sukmawati Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • uswatun khasanah Institut Islam Mambaul Ulum Surakarta
  • meti fatimah Institut islam Mambaul Ulum Surakarta
  • mujibburohman mujibburohman Institut Islam Mambaul ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijecs.v3i2.1654

Keywords:

Media pembelajaran, game, kahoot

Abstract

Di era teknologi, pemanfaatan media pembelajaran telah banyak  inovasi yang dilakukan. Salah satu inovasi media yang dapat mambantu pendidik dalam mengajar yaitu media pembelajaran berbasis games dengan bantuan aplikasi Kahoot. Namun, masih terdapat pendidik  di sekolah mitra  belum memanfaatkan teknologidalam media pebelajaran yang digunakannya. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM)adalah: (1) Memperkenalkan media pembelajaran berbasis games, (2) meningkatkan keterampilan pengajar  guru dalam menggunakan media berbasis games seperti aplikasi Kahoot!. Metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu metode ceramah, demonstrasi dan penugasan. Data diperoleh dari angket kepuasan kegiatan pelatihan. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa 92,30% kegiatan ini menambah wawasan pendidik mengenai pembuatan media berbasis games, 92,00% materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan, 85,50% kegiatan menambah keterampilan pendidik dalam memanfaatkan media pembelajaran. Ada dua simpulan pada kegiatan ini, yaitu: (1) kegiatan PkM ini menjadikan pengajar atau pendidikan lebih mengenal  aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran berbasis games dan memberikan manfaat untuk pendidik untuk melakukan inovasi dalam pembuatan  media pembelajaran, (2) kegiatan pengabdian kepada masyarakat  ini  meningkatkan keterampilan pendidik dalam menggunakan media games seperti aplikasi Kahoot!

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyan, K. E., Mardani, D., & Hermawan, G. (2019). Pembuatan Kahoot ! Bagi Guru SMA / SMK. Prosiding Senadimas Ke-4, 627–635.

Arifin, T., Rosidin, U., & Wahyudi, I. (2015). Pengembangan Media Sains Barbasis Game Edukasi Pada Materi Tata Surya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(2), 135–146.

Fahmi, F. K. (2016). Pengembangan Media Games Education Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 01(02), 215–226.

Lestari, M., Darminto, B. P., & Wibowo, T. (2021). Penerapan Kahoot Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Matematika (Masa Pandemi Covid-19) Terhadap Hasil Belajar. Eksakta : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Mipa, 6, 51–57.

Licorish, S. A., Owen, H. E., Daniel, B., & George, J. L. (2018). Students’ Perception Of Kahoot!’S Influence On Teaching And Learning. Research And Practice In Technology Enhanced Learning, 13(1), 1– 23.

Oktari, Y. S. (2020). Kahoot ! Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning. Jurnal Agriwidya (Menginspirasi, 1(3), 186–200.

Rakhmawati, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Online Di Sdn Simo Kecamatan Kedungwaru. Ijecs: Indonesian Journal Of Empowerment And Community Services, 1(2), 66–69.

Rumidjan, Sumanto, Sukamti, & Sugiharti. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas: Pedagogi, 1 (1), 77–78.

Sriyanti, I., Murniati, M. ., & Yusuf, M. (2015). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Bagi Guru Sma Srijaya Negara Palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 2–18.

Sudarma K, P. K. &Prabawa. (2020). Pelatihan Pembuatan Asesmen Pembelajaran Berbasis Kuis Interaktif Bagi Guru-Guru Sd. Proceeding Senadimas Undiksha, 1478–1485.

Umbara, U., Rosyid, A., & Setiawan, D. L. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Flash Menggunakan Adobe Animate Bagi Guru Smp Di Kabupaten Kuningan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 93–104.

Wang, A. I., & Tahir, R. (2020). The Effect Of Using Kahoot! For Learning–A Literature Review. Computers & Education, 149, 103818.

Wibisono, D. (2018). The Effects Of Kahoot! In Teaching Reading To Tenth Grade Students. Magister Scientiae, 1 (45), 86–105.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Sukmawati, F., khasanah, uswatun, fatimah, meti, & mujibburohman, mujibburohman. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Game Bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 3(2), 75–81. https://doi.org/10.32585/ijecs.v3i2.1654

Issue

Section

Artikel