Sosialisasi Pemahaman Tata Kehidupan di Masa New Normal melalui Penerapan Hidup Sehat dan Bersih

Authors

  • Rahayu Prasetiyo STKIP PGRI JOMBANG

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijecs.v2i2.1667

Keywords:

New Normal, Hidup Sehat dan Bersih, Pedagang

Abstract

Dusun Kedung Bendo merupakan dusun yang berada di wilayah Mojokerto desa gemekan Kecamatan Sooko. Dusun Kedung Bendo wilayah lingkunganya tergolong melangkah maju, bias dilihat dari segi ekonomi dan pendidikan. Warga di Dusun ini sangat perduli tentang pendidikan membuat perekonomian warga juga terjamin. Terletak dipinggiran kota membuat Dusun ini bias mengikuti era perkembangan yang modern. Banyak sekali terdapat toko seperti toko milik pribadi warga, pasar tradisional, minimarket seperti alfamart, warung kopi, bangunan kos untuk para pekerja dan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan kuliah di STIKES Dian Husada yang jaraknya bias dikatakan dengan dengan Dusun Kedung Bendo. Dari penjelasan diatas berdampak pada perekonomian warganya, karena adanya hubungan saling menguntungkan disini. Meskipun terletak pada pinggiran kota masih banyak warga yang belum paham mengenai tata kehidupan new normal melalui penerapan hidup sehat dan bersih. Misalnya tidak menggunakan masker saat berkegiatan, tidak menjaga jarak saat interaksi jual beli. Metode pelaksanaan yang dilakukan  adalah dengan memberikan sosialisasi dengan system dor to dor atau penyuluhan langsung dan praktik. Beberapa hasil yang sudah tercapai dalam  ini pada warga Dusun Kedung Bendo adalah warga mendapat informasi baru tentang new normal dan cara hidup sehat dan bersih serta mempraktekannya langsung saat berkegiatan seperi memakai masker dan handsanitaizer, bias membantu warga Dusun kesung bendo untuk membagian sembako.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Prasetiyo, R. (2021). Sosialisasi Pemahaman Tata Kehidupan di Masa New Normal melalui Penerapan Hidup Sehat dan Bersih. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 2(2), 72–75. https://doi.org/10.32585/ijecs.v2i2.1667

Issue

Section

Artikel