Penyuluhan Pelatihan Kepemimpinan Kepada Karang Taruna Desa Grabagan Sidohajo Kec.Susukan Kab.Semarang

Authors

  • ahwan abdul Universitas Sahid Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijecs.v2i2.1838

Keywords:

Kepemimpinan, Desa Grabagan Sidoharjo, Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)

Abstract

Kepemimpinan merupakan kunci sukses untuk meningkatkan kemajuan suatu sumber daya manusia (SDM) di suatu daerah. Kepemimpinan tidak hanya diperoleh dari bakat atau karismatik tetapi dapat diperoleh dengan adanya pelatihan kepemimpinan itu sendiri. Kepemimpinan dalam pengabdian ini digunakan untuk menumbuhkan jiwa pemimpin pada genaerasi muda yang ada dipedesaan melalui wadah karang taruna di desa Grabagan Sidoharjo Kecamatan Susukan Kab. Semarang. Metode yang digunakan adalah memberikan materi kepemimpinan kepada peserta karang taruna, diskusi dan melatih membangun kepribadian kepemimpinan, keorganisasian, memahami peran, tujuan dan fungsi organisasi dan sikap peduli terhadap lingkungan masyarakat. Hasil pengabdian pelatihan dasar kepemimpinan yang dilakukan oleh tim pengabdian dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi peserta karang taruna yang mengikuti pelatihan ini. Peserta yang mengikuti ini sangat antusias dan aktif dalam melaksanakan pelatihan ini. Sehingga hasil yang didapatkan melalui latihan dasar kepemimpinan menjadi lebih bermanfaat bagi para peserta sehingga dapat di aplikasikan generasi muda karang taruna dalam membangun Desa Grabagan Sidoharjo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang dengan berbagai macam program kerja.

References

Ambarita, B. (2013). Profesionalisme, Esensi Kepemimpinan, dan Manajemen Organisasi. GENERASI KAMPUS, 6(2).

Ambarwati, A., & Raharjo, S. T. (2018). Prinsip Kepemimpinan Character of A Leader pada Era Generasi Milenial. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 2(2), 114–127.

Azizy, A. Q. A. (2000). Islam dan Permasalahan Sosial. LKIS PELANGI AKSARA.

Bintari, P. N., & Darmawan, C. (2016). Peran pemuda sebagai penerus tradisi sambatan dalam rangka pembentukan karakter gotong royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 57–76.

Fitriani, F. (2017). PELATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK) BAGI MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUSAMUS. Societas: Jurnal Ilmu Administrasi dan Sosial, 6(1), 62–77.

Mulyadi, M., Sutrisno, S., Paeno, P., Harjianto, P., & Winata, H. (2020). Penyuluhan Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Pengembangan Karang Taruna Mekarsari Rumpin Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(2), 142–146.

Seftyono, C., Arumsari, N., Arditama, E., & Lutfi, M. (2016). Kepemimpinan Desa dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Aras Lokal di Tiga Desa Lereng Gunung Ungaran, Jawa Tengah. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 6(2), 60–70.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

abdul, ahwan. (2022). Penyuluhan Pelatihan Kepemimpinan Kepada Karang Taruna Desa Grabagan Sidohajo Kec.Susukan Kab.Semarang. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 2(2), 76–80. https://doi.org/10.32585/ijecs.v2i2.1838

Issue

Section

Artikel