Pemanfaatan TOGA dalam Bentuk Jamu Serbuk untuk Peningkatan Imunitas dan Ekonomi Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • sulisti mdf Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Nur Ani UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijecs.v3i1.1883

Keywords:

tanaman obat, jamu serbuk, pengolahan, imunitas tubuh

Abstract

Pandemi covid-19 belum diketahui kapan akan berakhir. Hal ini memberikan dampak perekonomian keluarga. Tanaman obat memiliki  manfaat  dan nilai ekonomis tinggi terutama di tengah pandemi Covid-19. Penggunaan tanaman obat yang kaya akan kandungan komponen bioaktif serta antioksidan dinilai dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh untuk menghindari terpaparnya dari virus tersebut sekaligus menambah penghasilan.  Kemampuan dan pengetahuan kelompok Asman toga Sekar Arum belum maksimal dalam pemanfaatan toga untuk pembuatan jamu serbuk sehingga membutuhkan pelatihan praktik pembuatan. Metode yang digunakan adalah ceramah dan praktik langsung pembuatan jamu serbuk. Setelah dilakukan penyuluhan dan praktik, kelompok asman toga mampu membuat serbuk jamu dan mempraktikkannya sendiri. Kelompok asman toga mampu memasarkan hasil produk buatan.

Author Biography

sulisti mdf, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi Kesehatan Masyarakat

References

Choironi, N. A., Wulandari, M., & Susilowati, S. S. (2018). Pengaruh Edukasi Terhadap Pemanfaatan Dan Peningkatan Produktivitas Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Sebagai Minuman Herbal Instan Di Desa Ketenger Baturraden. Jurnal Ilmiah Farmasi, 6, No. 1, 1–5.

Duaja, M. D., Kartika, E., & Mukhlis, F. (2011). Peningkatan Kesehatan Masyarakat Melalui Pemberdayaan Wanita Dalam Pemanfaatan Pekarangan Dengan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Di Kecamatan Geragai. Pengabdian Pada Masyarakat, No. 52, 74–79.

Katno, P. (2008). Tingkat Manfaat dan Keamanan Tanaman Obat dan Obat Tradisional. Balai Penelitian Tanaman Obat Tawangmangu, Fakultas Farmasi, UGM.

Kemenkes RI. (2020). Jaga Diri dan Keluarga Anda dari Virus Corona – Covid-19. www. kemkes.go.id

Lailiyah, M., Mulyati, T. A., & Pujiono, F. E. (2020). Pelatihan Pembuatan Jamu Mix dan Jahe Wangi Pada Kelompok Ibu Rumah Tangga Di Desa Badal Pandean. Abdinus :Pengabdian Pada Masyarakat, 3, No. 2, 194–203.

Nasrullah, N., Pramono, A., Amar, M. ikhsan, & Yulianti, R. (2020). Mengatasi Dampak Ekonomi Pandsemi Covid-19 Bagi Masyarakat Kampung KB Gandul Cinere Melalui Pengolahan Jamu Herbal. Pengabdian Pada Masyarakat, 4 No. 2.

Nugraha, S. ., & Agustiningsih, W. . (2015). Pelatihan Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Inovasi Dan Kewirausahaan, 6

Published

2022-04-28

How to Cite

mdf, sulisti, & Ani, N. (2022). Pemanfaatan TOGA dalam Bentuk Jamu Serbuk untuk Peningkatan Imunitas dan Ekonomi Masa Pandemi Covid-19. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.32585/ijecs.v3i1.1883

Issue

Section

Artikel