Penyuluhan Tata Letak Spot Foto dan Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata di Desa Tiyaran
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijecs.v4i1.2906Keywords:
penyuluhan, tata letak, spot foto, pengembangan, desa wisataAbstract
Gunung Sepikul adalah potensi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Sukoharjo. Wisata alam berupa pegunungan batu ini berada di Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Lokasi Gunung Sepikul ini cukup strategis dan memiliki akses yang mudah karena ruas jalan desa sudah beraspal. Dari observasi diketahui permasalahan yang menjadikan potensi gunung sepikul belum berkembang, yaitu : 1) kurangnya media promosi gunung sepikul; 2) kurangnya pengetahuan masyarakat di area Gunung Sepikul mengenai desa wisata. Metode yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah penyuluhan. Kegiatan penyuluhan mengenai tata letak spot foto dimulai dari pembahasan mengenai view gunung sepikul, problematika yang ada di gunung sepikul, serta rancangan spot foto yang tepat untuk diletakkan di area Gunung Sepikul. Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kegiatan penyuluhan mengenai strategi pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan desa wisata dimulai dari paparan materi mengenai pengertian mengenai desa wisata, syarat-syarat desa wisata, kunci pengembangan dan pemasaran desa wisata, peran dan komitemen pemerintah, peran dan komitmen pelaku wisata, komponen pengembangan desa wisata, sapta pesona pariwisata, penyusunan rencana pemasaran desa wisata, produk desa wisata, pemasaran desa wisata, strategi pemasaran desa wisata, pemberdayaan masyarakat, hingga aksi pemberdayaan. Hasil dari penyuluhan ini adalah peningkatan pengetahuan mitra mengenai tata letak spot foto dan pengembangan obyek wisata oleh masyarakat.
Downloads
References
Fansuri, R. A. (2020). Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam Pengembangan Obyek Wisata sebagai Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat [Universitas Islam Negeri Mataram].
http://etheses.uinmataram.ac.id/855/1/Reza Agus Fansuri 160302023.pdf
Latifah, N., Hendrati, I. M., & Utami, A. F. (2022). Penyuluhan Pengembangan Wisata Desa dan Pemahaman Konsep Desa Wisata di Kelurahan Kandangan Kecamatan Benowo. Jurnal Pengabdian Kepada Mayarakat, 2(2), 89–93.
Mardiansyah, W. (2022). Travel Photography sebagai Media Promosi Pariwisata Kabupaten Banyuwangi [Institut Seni Indonesia Yogyakarta]. http://digilib.isi.ac.id/10892/7/Wildan Mardiansyah_2022_BAB I.pdf
Maulidiyah, I. (2019). Opini masyarakat terkait pemanfaatan spot foto merci barn [Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara]. https://core.ac.uk/download/pdf/225830429.pdf
Nurjanah, N. (2018). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL MASYARAKAT SADAR WISATA DALAM MEMPROMOSIKAN POTENSI WISATA BARU. Medium, 6(2), 39–50. https://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/download/2412/1399
Nurwahyuni, I. (2019). Pengetahuan dan Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Masyarakat dalam Pengembangan Obyek Wisata Waduk Sempor Kabupaten Kebumen [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/34083/1/3201414024maria.pdf
Pamungkas, B. A. (2018). Pengaruh Sikap Terhadap Unggahan Foto Objek Wisata di Instagram dan Persepsi Kelompok Referensi pada Minat Berkunjung [Universitas Sanata Dharma]. http://repository.usd.ac.id/32878/2/132214207_full.pdf
Pemdes Tiyaran. (2022). Gunung Sepikul.
http://tiyaran-sukoharjo.desa.id/2017/08/26/bandung-bondowoso-dan-gunung-sepikul/
Purnomo, A. S. A., & Kusuma, M. R. P. (2019). Di Era Pariwisata Destinasi Digital. MUDRA Jurnal Seni Budaya, 34 (September), 319–324.
Putranti, R. C. (2010). Fotografi sebagai Media Promosi Pariwisata Kabupaten Ponorogo [Universitas Sebelas Maret].
Putri, M. R. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Obyek Wisata di Kota Pekan Baru Provinsi Riau [Universitas Riau]. https://repository.uir.ac.id/11065/1/173410084.pdf
Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76–83.
Ristyanto, A. R. (2016). Pendidikan Sadar Wisata Untuk Masyarakat Di Sekitar Obyek Wisata Air Terjun Sri Getuk Desa Bleberan Playen Kabupaten Education For Public Awareness Tour Around Sri Getuk Waterfall Tourism. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 5. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/sakp/article/download/5216/4893
Safitri, R. (2021). Eksistensi Kelompok Sadar Wisata Dalam Mewujudkan Iklim Kondusif Bagi Pengembangan Pariwisata Kepulauan Banyak Kabupaten Aceh Singkil [Universitas Islam Ar Raniry]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18558/1/Rizka Safitri%2C 170404039%2C FDK%2C PMI%2C 082160154038_unlocked.pdf
Sudibya, B. (2018). Wisata Desa dan Desa Wisata. Jurnal Bali Membangun Bali, 1(1), 22–26. https://doi.org/10.51172/jbmb.v1i1.8
Sundari, D., & Virianita, R. (2020). Partisipasi Masyarakat dan Keberhasilan Pengembangan" Kampoeng Wisata Cinangneng" Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 4(5), 695–172.
Suryanto, M. R. P. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan pada Obyek Wisata dengan Variabel Citra Destinasi sebagai Pemediasi [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/93190/11/Naskah Publikasi.pdf
Syahreza, K., & Wibisono, N. (2021). Pengaruh Konten Media Sosial Terhadap Destination Image dan Minat Berkunjung Lembang Park & Zoo. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/2958/2298
Wardhani, K., Achmad, Z. A., Permatasari, W. K., Andriani, D., Adianti, A. A. F. P., & Nisa, H. M. (2022). Efektivitas Komunikasi Penyuluhan Pengembangan Desa Wisata Melalui Pembentukan Kelompok Sadar Wisata Berbasis Sapta Pesona. Karya Unggul : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 145–151.
Yulianti, D. (2020). Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Kesejahteraan Masyarakat. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Published
Versions
- 2023-09-06 (2)
- 2023-04-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.