Optimalisasi Kegiatan Pelayanan Fisioterapi Pada Aspek Administrasi Di Klinik Fisioterapi Esa Unggul
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijecs.v4i1.2960Keywords:
Pelayanan Fisioterapi, Administrasi, Klinik Fisioterapi Esa UnggulAbstract
Upaya menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pelayanan kesehatan, pelayanan kesehatan bermutu merupakan pelayanan kesehatan yang selalu berupaya untuk memenuhi harapan pasien. Peningkatan mutu pelayanan dapat dilakukan melalui pengembangan sarana dan prasarana layanan kesehatan, pengadaan peralatan dan ketenagakerjaan termasuk pengelolaan dan pelayanan. Keberhasilan program pelayanan kesehatan tergantung berbagai faktor baik sosial, lingkungan, maupun penyediaan kelengkapan pelayanan/perawatan dimana fisioterapi memiliki peran penting dalam program pelayanan kesehatan baik di tingkat dasar maupun rujukan. Kondisi ideal yang diharapkan salah satunya adalah tercapainya pelayanan yang bermutu, efektif dan efisien dimana pelayanan yang diberikan memiliki alur yang jelas, cepat dan tepat, sehingga memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi masyarakat yang dilayani. Tujuan umum kegiatan ini untuk menganalisa faktor-faktor yang menjadi penyebab belum optimalnya kegiatan pelayanan fisioterapi dalam aspek administrasi dan mencari strategi yang tepat dalam upaya pengembangan pelayanan fisioterapi dalam aspek administrasi di Klinik Fisioterapi Universitas Esa Unggul. Metode yang digunakan adalah melakukan analisa lapangan, melakukan wawancara dan diskusi, hasil pengabdian yang dilakukan oleh tim pengabdian menemukan masih belum optimalnya pelayanan fisioterapi pada aspek administrasi yang dilakukan di Klinik Fisioterapi Universitas Esa nggul sehingga tim pengabdian dapat memberikan solusi untuk upaya mengoptimalkan kegiatan pelayanan fisioterapi khususnya pada aspek administrasi.
Downloads
References
Ali, Pamungkas. 2022. Buku Putih Reformasi Sistem Kesehatan nasional. Direktorat Kesehatan dan gizi masyarakat. Jakarta
Hetmi Wawor,daud, &joyce, 2016, Pelayanan Keseharan Di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan, jurnal ilmu sosial & pengelolaan sumber daya pembangunan, edisi XX, Vol 3, hh 103-122
Kementrian Kesehatan. 2014. Klinik. PERMENKES Nomor 9 tahun 2014
Kementrian Kesehatan. 2015. Standar Pelayanan Fisioterapi.
PERMENKES Nomor 65 tahun 2015
Kementrian Kesehatan. 2008. Pedoman pelayanan fisioterapi di sarana Kesehatan. PERMENKES Nomor 778/MENKES/VIII/2008. Jakarta
Pemerintah Indonesia. 2021. Peraturan pemerintah republik Indonesia no 47 tahun 2021 tentang penyelenggaraan bidang kerumahsakitan
Utomo, Kurniawan. 2022. Manajement sumber daya manusia, Widana. Bandung
Andriani, Dwi Astri. 2022. Manajemen Sumber Daya Manusia, Tohar Media, Makasar
Fatimah, Fajar, 2021 Panduan Praktis Evaluasi Kinerja Karyawan, Anak Hebat Indonesia, Yogyakarta
Wijayanti, Hasna, 2021, Panduan Analisis SWOT Untuk Kesusksesan Bisnis Anak Hebat Indonesia, Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.