Optimalisasi Kegiatan Pelayanan Fisioterapi Pada Aspek Administrasi Di Klinik Fisioterapi Esa Unggul

Authors

  • Prima Dewi K
  • Avita Puspa Pratiwie
  • Ayu Septia Nilamsari
  • Siti Maryam
  • Ramdhan Setiawan
  • Faisal Isra Maulana

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijecs.v4i1.2960

Keywords:

Pelayanan Fisioterapi, Administrasi, Klinik Fisioterapi Esa Unggul

Abstract

Upaya menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pelayanan kesehatan, pelayanan kesehatan bermutu merupakan pelayanan kesehatan yang selalu berupaya untuk memenuhi harapan pasien. Peningkatan mutu pelayanan dapat dilakukan melalui pengembangan sarana dan prasarana layanan kesehatan, pengadaan peralatan dan ketenagakerjaan termasuk pengelolaan dan pelayanan. Keberhasilan program pelayanan kesehatan tergantung berbagai faktor baik sosial, lingkungan, maupun penyediaan kelengkapan pelayanan/perawatan dimana fisioterapi memiliki peran penting dalam program pelayanan kesehatan baik di tingkat dasar maupun rujukan. Kondisi ideal yang diharapkan salah satunya adalah tercapainya pelayanan yang bermutu, efektif dan efisien dimana pelayanan yang diberikan memiliki alur yang jelas, cepat dan tepat, sehingga memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi masyarakat yang dilayani. Tujuan umum kegiatan ini untuk menganalisa faktor-faktor yang menjadi penyebab belum optimalnya kegiatan pelayanan fisioterapi dalam aspek administrasi dan mencari strategi yang tepat dalam upaya pengembangan pelayanan fisioterapi dalam aspek administrasi di Klinik Fisioterapi Universitas Esa Unggul. Metode yang digunakan adalah melakukan analisa lapangan, melakukan wawancara dan diskusi, hasil pengabdian yang dilakukan oleh tim pengabdian menemukan masih belum optimalnya pelayanan fisioterapi pada aspek administrasi yang dilakukan di Klinik Fisioterapi Universitas Esa nggul sehingga tim pengabdian dapat memberikan solusi untuk upaya mengoptimalkan kegiatan pelayanan fisioterapi khususnya pada aspek administrasi.

References

Ali, Pamungkas. 2022. Buku Putih Reformasi Sistem Kesehatan nasional. Direktorat Kesehatan dan gizi masyarakat. Jakarta

Hetmi Wawor,daud, &joyce, 2016, Pelayanan Keseharan Di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan, jurnal ilmu sosial & pengelolaan sumber daya pembangunan, edisi XX, Vol 3, hh 103-122

Kementrian Kesehatan. 2014. Klinik. PERMENKES Nomor 9 tahun 2014

Kementrian Kesehatan. 2015. Standar Pelayanan Fisioterapi.

PERMENKES Nomor 65 tahun 2015

Kementrian Kesehatan. 2008. Pedoman pelayanan fisioterapi di sarana Kesehatan. PERMENKES Nomor 778/MENKES/VIII/2008. Jakarta

Pemerintah Indonesia. 2021. Peraturan pemerintah republik Indonesia no 47 tahun 2021 tentang penyelenggaraan bidang kerumahsakitan

Utomo, Kurniawan. 2022. Manajement sumber daya manusia, Widana. Bandung

Andriani, Dwi Astri. 2022. Manajemen Sumber Daya Manusia, Tohar Media, Makasar

Fatimah, Fajar, 2021 Panduan Praktis Evaluasi Kinerja Karyawan, Anak Hebat Indonesia, Yogyakarta

Wijayanti, Hasna, 2021, Panduan Analisis SWOT Untuk Kesusksesan Bisnis Anak Hebat Indonesia, Yogyakarta

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Dewi K, P., Pratiwie, A. P., Nilamsari, A. S., Maryam, S., Setiawan, R., & Maulana, F. I. (2023). Optimalisasi Kegiatan Pelayanan Fisioterapi Pada Aspek Administrasi Di Klinik Fisioterapi Esa Unggul. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 4(1), 13–21. https://doi.org/10.32585/ijecs.v4i1.2960

Issue

Section

Artikel