Lagu dan Cerita Rakyat Sebagai Sarana Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris Anak Usia Dini

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijecs.v4i2.3549

Keywords:

lagu, cerita rakyat, Bahasa Inggris untuk siswa usia dini

Abstract

Kegiatan PKM ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris siswa kelas 6 SDN Bunul Rejo 6 Kota Malang melalui metode pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan lagu dan cerita rakyat Indonesia yang diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris. Kegiatan PKM ini berbasis tindakan kelas yang dilakukan pada 20 siswa SD kelas 6. Hasil pre-test kegiatan PKM ini menunjukkan bahwa kemampuan kosa kata siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata 59.5. Sedangkan, hasil post-test siswa menunjukkan nilai rata-rata 78.75. Ini menunjukkan bahwa keterampilan kosa kata siswa meningkat secara signifikan dibandingkan dengan pencapaian mereka di test awal. Hasil kegiatan PKM ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran berbasis lagu dan cerita rakyat dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris siswa. Oleh karena itu, tim PKM merekomendasikan bahwa guru harus mempertimbangkan penggunaan kegiatan pembelajaran berbasis lagu dan cerita rakyat untuk mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris siswanya.

References

Ariska, R., Gustine, G. G., & Setyarini, S. (2021). Promoting Students’ Higher-Order Thinking Skills Through Teacher’s Feedback in an EFL Classroom. Proceedings of the Thirteenth Conference on Applied Linguistics (CONAPLIN 2020), 546(Conaplin 2020), 471–478. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210427.072

Cadieux Bolden, D., Hurt, J., & Richardson, M. K. (2017). Implementing Digital Tools to Support Student Questioning Abilities: A Collaborative Action Research Report. I.E.: Inquiry in Education, 9(1), 2.

Engliana, Dwiastuty, N., Miranti, I., & Nurjanah. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Cerita Rakyat pada Pelajaran Bahasa inggris di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 103–118.

Falah, I. F. (2017). Pengenalan kosakata bahasa inggris melalui lagu. Jurnal Pelita PAUD, 1(2).

Kasdi, K., & Wijayanti, D. N. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris Efektif Melalui Lagu Anak-Anak Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1931

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. In The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2

Lestari, R. H., & Kurniati, E. (2019). Perpaduan Totally Physical Response Method ( Tpr Method ) Dengan Lagu Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Inggris. 5(1).

Ningsih, A. R., & Arianti, R. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris Melalui Lagu Anak-Anak pada Siswa PAUD Raudhatul Hasanah Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu Riau. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 1(April), 23–28.

Rachmawati, D. L., & Fadhilawati, D. (2021). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Anak (Young Learners) Melalui Lagu dan Cerita Rakyat. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(5), 2–9.

Rachmawati, D. L., Fadhilawati, D., & Setiawan, S. (2020). The Implementation of Computer-Assisted Language Learning (CALL) in the EFL Setting: A Case Study in a Secondary School in Indonesia. English Teaching Journal, 8(2), 91–102. https://doi.org/10.33884/basisupb.v7i2.2484

Rachmawati, D. L., Hastari, S., & Oktavia, Y. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pengucapan (Pronunciation) Bahasa Inggris yang Benar Dalam Mendongeng dengan Mediasi Huruf Arab (Hijaiyah). Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(6), 4–12.

Rachmawati, D. L., Purwati, O., & Anam, S. (2022). ESP Teachers’ Sociocultural Challenges in Online Formative Assessment: Voices of Teachers, Learners, and Coordinators. Call-Ej, 23(1), 150–167.

Rachmawati, D. L., Purwati, O., Anam, S., & Setiawan, S. (2021). Between Perception and Practice: The Emergency of Encouraging EFL Teachers to Implant HOTS in Their Classrooms. TESOL International Journal, 16(4.4), 33–51.

Ratminingsih, N. M., & Budasi, I. G. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Tema Melalui Lagu Kreasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Widya Laksana, 2(1), 31. https://doi.org/10.23887/jwl.v2i1.9127

Sage, K., Piazzini, M., Downey, J. C., & Ewing, S. (2020). Flip It or Click It: Equivalent Learning of Vocabulary From Paper, Laptop, and Smartphone Flashcards. Journal of Educational Technology Systems, 49(2), 145–169. https://doi.org/10.1177/0047239520943647

Samad, F., & Tidore, N. (2015). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Menyenangkan Untuk Anak Usia Dini. Cahaya PAUD, 2, 47–57.

Sukmawati, F., Khasanah, U., Fatimah, M., & Mujiburrohman, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Game bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services. 3(2), 75–81. https://doi.org/10.32585/ijecs.v3i2.1654

Tri Widyahening, C. E., & Rahayu, M. S. (2021). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Cerita Rakyat bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 108. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.913

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Rachmawati, D. L., & Fadhilawati, D. (2023). Lagu dan Cerita Rakyat Sebagai Sarana Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 4(2), 71–83. https://doi.org/10.32585/ijecs.v4i2.3549

Issue

Section

Artikel