Lagu dan Cerita Rakyat Sebagai Sarana Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijecs.v4i2.3549Keywords:
lagu, cerita rakyat, Bahasa Inggris untuk siswa usia diniAbstract
Kegiatan PKM ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris siswa kelas 6 SDN Bunul Rejo 6 Kota Malang melalui metode pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan lagu dan cerita rakyat Indonesia yang diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris. Kegiatan PKM ini berbasis tindakan kelas yang dilakukan pada 20 siswa SD kelas 6. Hasil pre-test kegiatan PKM ini menunjukkan bahwa kemampuan kosa kata siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata 59.5. Sedangkan, hasil post-test siswa menunjukkan nilai rata-rata 78.75. Ini menunjukkan bahwa keterampilan kosa kata siswa meningkat secara signifikan dibandingkan dengan pencapaian mereka di test awal. Hasil kegiatan PKM ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran berbasis lagu dan cerita rakyat dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris siswa. Oleh karena itu, tim PKM merekomendasikan bahwa guru harus mempertimbangkan penggunaan kegiatan pembelajaran berbasis lagu dan cerita rakyat untuk mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris siswanya.
Downloads
References
Ariska, R., Gustine, G. G., & Setyarini, S. (2021). Promoting Students’ Higher-Order Thinking Skills Through Teacher’s Feedback in an EFL Classroom. Proceedings of the Thirteenth Conference on Applied Linguistics (CONAPLIN 2020), 546(Conaplin 2020), 471–478. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210427.072
Cadieux Bolden, D., Hurt, J., & Richardson, M. K. (2017). Implementing Digital Tools to Support Student Questioning Abilities: A Collaborative Action Research Report. I.E.: Inquiry in Education, 9(1), 2.
Engliana, Dwiastuty, N., Miranti, I., & Nurjanah. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Cerita Rakyat pada Pelajaran Bahasa inggris di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 103–118.
Falah, I. F. (2017). Pengenalan kosakata bahasa inggris melalui lagu. Jurnal Pelita PAUD, 1(2).
Kasdi, K., & Wijayanti, D. N. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris Efektif Melalui Lagu Anak-Anak Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1931
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. In The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2
Lestari, R. H., & Kurniati, E. (2019). Perpaduan Totally Physical Response Method ( Tpr Method ) Dengan Lagu Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Inggris. 5(1).
Ningsih, A. R., & Arianti, R. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris Melalui Lagu Anak-Anak pada Siswa PAUD Raudhatul Hasanah Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu Riau. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 1(April), 23–28.
Rachmawati, D. L., & Fadhilawati, D. (2021). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Anak (Young Learners) Melalui Lagu dan Cerita Rakyat. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(5), 2–9.
Rachmawati, D. L., Fadhilawati, D., & Setiawan, S. (2020). The Implementation of Computer-Assisted Language Learning (CALL) in the EFL Setting: A Case Study in a Secondary School in Indonesia. English Teaching Journal, 8(2), 91–102. https://doi.org/10.33884/basisupb.v7i2.2484
Rachmawati, D. L., Hastari, S., & Oktavia, Y. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pengucapan (Pronunciation) Bahasa Inggris yang Benar Dalam Mendongeng dengan Mediasi Huruf Arab (Hijaiyah). Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(6), 4–12.
Rachmawati, D. L., Purwati, O., & Anam, S. (2022). ESP Teachers’ Sociocultural Challenges in Online Formative Assessment: Voices of Teachers, Learners, and Coordinators. Call-Ej, 23(1), 150–167.
Rachmawati, D. L., Purwati, O., Anam, S., & Setiawan, S. (2021). Between Perception and Practice: The Emergency of Encouraging EFL Teachers to Implant HOTS in Their Classrooms. TESOL International Journal, 16(4.4), 33–51.
Ratminingsih, N. M., & Budasi, I. G. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Tema Melalui Lagu Kreasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Widya Laksana, 2(1), 31. https://doi.org/10.23887/jwl.v2i1.9127
Sage, K., Piazzini, M., Downey, J. C., & Ewing, S. (2020). Flip It or Click It: Equivalent Learning of Vocabulary From Paper, Laptop, and Smartphone Flashcards. Journal of Educational Technology Systems, 49(2), 145–169. https://doi.org/10.1177/0047239520943647
Samad, F., & Tidore, N. (2015). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Menyenangkan Untuk Anak Usia Dini. Cahaya PAUD, 2, 47–57.
Sukmawati, F., Khasanah, U., Fatimah, M., & Mujiburrohman, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Game bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services. 3(2), 75–81. https://doi.org/10.32585/ijecs.v3i2.1654
Tri Widyahening, C. E., & Rahayu, M. S. (2021). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Cerita Rakyat bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 108. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.913
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dwita Laksmita Rachmawati, Dian Fadhilawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.