Penyuluhan Dalam Rangka Pengembangan Usaha Produk Olahan Porang pada Kelompok Usaha Sahabat Petani Porang Sukoharjo
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijecs.v4i2.4445Keywords:
Kata kunci, Pemasaran, Porang, Strategi.Abstract
Potensi pengembangan porang di Indonesia masih sangat besar. Selama ini, di Indonesia porang hanya di olah hingga bentuk chips kering, belum menjadi produk akhir. Sedangkan produk akhir dari olahan porang sejatinya memiliki harga yang tinggi. Melalui potensi-potensi tersebut, petani porang di desa Kamal Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo berinisiatif mengolah porang menjadi produk olahan yang bernilai tinggi juga bergizi tinggi. Sahabat Petani Porang Sukoharjo (SPPS) merupakan perkumpulan dari petani-petani porang yang memproduksi porang dari budidaya hingga kemudian di olah menjadi berbagai produk seperti beras porang, mie porang, tepung glukomanan. Strategi pemasaran utama yang disimpulkan adalah penerapan pengendalian mutu dengan menerapkan cara produksi pangan yang baik, agar menghasikan produk yang higienis. Strategi kedua adalah perluasan jangkauan pemasaran hingga ke pasar ekspor, dengan cara promosi di media sosial menggunakan brosur dan bergabung ke dalam platform pemasaran online seperti shopee karena telah mendukung ekspor produk UMKM. Adapun saran untuk lanjutan kegiatan adalah dilaksanakannya penelitian bertema strategi pemasaran yang mendalam yang merinci faktor-faktor internal eksternal yang dimiliki SPPS.
Downloads
References
Aditriandi, M. (2022). Kondisi Porang dan Produk Olahan Porang di Indonesia. https://agro.kemenperin.go.id/artikel/6519-kondisi-porang-dan-produk-olahan-porang-di-indonesia
Dewati, R. ;, Harinta, Y. W. ;, & Setyarini, A. (2021). PENGEMBANGAN PRODUK OLAHAN JAHE DI KECAMATAN JENAWI KABUPATEN KARANGANYAR (STUDI KASUS KELOMPOK WANITA TANI DESA SIDOMUKTI) GINGER. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 5, 1107–1114.
Dewati, R., & Saputro, W. A. (2020). Persepsi Konsumen Terhadap Pembelian Produk Herbal Di Kabupaten Sukoharjo. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 4(2), 144. https://doi.org/10.32585/ags.v4i2.889
Laraswarni, W. (2019). Pentingnya Sertifikat Untuk Peningkatan Mutu Dan Keamanan Pangan Avaliable. http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/70356/Pentingnya-Sertifikat-Untuk-Peningkatan-Mutu-Dan-Keamanan-Pangan-/
Mamuaja, C. F. (2016). Pengawasan Mutu Dan Keamanan Pangan. In Unsrat Press. Unsrat Press.
McDaniel, C., & Gates, R. (2001). Riset Pemasaran Kontemporer (Jilid I). Salemba Empat.
Oktaviani, N. N. N., & Yasa, P. G. A. S. (2022). Urgensi Legalitas Usaha Bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(2), 504–511. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP
Rizky, H. S., Putri, I. S., & DKW, Y. T. (2021). Pemanfaatan Smartphone Dan Media Sosial Untuk Promosi Online Serta Aplikasi Pembukuan Guna Memaksimalkan Kemajuan Teknologi Pada Umkm Di Kelurahan Joglo, Kecamatan Banjarsari. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 2(1), 32. https://doi.org/10.32585/ijecs.v2i1.1393
Sulistiyo, R. H., & Soetopo, L. (2014). Eksplorasi Dan Identifikasi Karakter Morfologi Porang ( Amorphophallus muelleri B .) Di Jawa Timur Eksploration And Identification Morphological Character Of Elephant Yam ( Amorphophallus muelleri B .) In East Java. Jurnal Produksi Tanaman, 3(5), 353–361.
Wati, A. P., Martha, J. A., & Aniek, I. (2020). Digital Marketing (N. Ar. Fransiska (ed.); Cetakan Pe). Edulitera. http://repository.um.ac.id/1150/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rosita Dewati, Agung Setyarini, Yos Wahyu Harinta, Retno Widyastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.