Penyuluhan Dalam Rangka Pengembangan Usaha Produk Olahan Porang pada Kelompok Usaha Sahabat Petani Porang Sukoharjo

Authors

  • Rosita Dewati Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Agung Setyarini Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Yos Wahyu Harinta Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Retno Widyastuti Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijecs.v4i2.4445

Keywords:

Kata kunci, Pemasaran, Porang, Strategi.

Abstract

Potensi pengembangan porang di Indonesia masih sangat besar. Selama ini, di Indonesia porang hanya di olah hingga bentuk chips kering, belum menjadi produk akhir. Sedangkan produk akhir dari olahan porang sejatinya memiliki harga yang tinggi. Melalui potensi-potensi tersebut, petani porang di desa Kamal Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo berinisiatif mengolah porang menjadi produk olahan yang bernilai tinggi juga bergizi tinggi. Sahabat Petani Porang Sukoharjo (SPPS) merupakan perkumpulan dari petani-petani porang yang memproduksi porang dari budidaya hingga kemudian di olah menjadi berbagai produk seperti beras porang, mie porang, tepung glukomanan. Strategi pemasaran utama yang disimpulkan adalah penerapan pengendalian mutu dengan menerapkan cara produksi pangan yang baik, agar menghasikan produk yang higienis. Strategi kedua adalah  perluasan jangkauan pemasaran hingga ke pasar ekspor, dengan cara promosi di media sosial menggunakan brosur dan bergabung ke dalam platform pemasaran online seperti shopee karena telah mendukung ekspor produk UMKM. Adapun saran untuk lanjutan kegiatan adalah dilaksanakannya penelitian bertema strategi pemasaran yang mendalam yang merinci faktor-faktor internal eksternal yang dimiliki SPPS.

References

Aditriandi, M. (2022). Kondisi Porang dan Produk Olahan Porang di Indonesia. https://agro.kemenperin.go.id/artikel/6519-kondisi-porang-dan-produk-olahan-porang-di-indonesia

Dewati, R. ;, Harinta, Y. W. ;, & Setyarini, A. (2021). PENGEMBANGAN PRODUK OLAHAN JAHE DI KECAMATAN JENAWI KABUPATEN KARANGANYAR (STUDI KASUS KELOMPOK WANITA TANI DESA SIDOMUKTI) GINGER. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 5, 1107–1114.

Dewati, R., & Saputro, W. A. (2020). Persepsi Konsumen Terhadap Pembelian Produk Herbal Di Kabupaten Sukoharjo. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 4(2), 144. https://doi.org/10.32585/ags.v4i2.889

Laraswarni, W. (2019). Pentingnya Sertifikat Untuk Peningkatan Mutu Dan Keamanan Pangan Avaliable. http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/70356/Pentingnya-Sertifikat-Untuk-Peningkatan-Mutu-Dan-Keamanan-Pangan-/

Mamuaja, C. F. (2016). Pengawasan Mutu Dan Keamanan Pangan. In Unsrat Press. Unsrat Press.

McDaniel, C., & Gates, R. (2001). Riset Pemasaran Kontemporer (Jilid I). Salemba Empat.

Oktaviani, N. N. N., & Yasa, P. G. A. S. (2022). Urgensi Legalitas Usaha Bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(2), 504–511. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Rizky, H. S., Putri, I. S., & DKW, Y. T. (2021). Pemanfaatan Smartphone Dan Media Sosial Untuk Promosi Online Serta Aplikasi Pembukuan Guna Memaksimalkan Kemajuan Teknologi Pada Umkm Di Kelurahan Joglo, Kecamatan Banjarsari. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 2(1), 32. https://doi.org/10.32585/ijecs.v2i1.1393

Sulistiyo, R. H., & Soetopo, L. (2014). Eksplorasi Dan Identifikasi Karakter Morfologi Porang ( Amorphophallus muelleri B .) Di Jawa Timur Eksploration And Identification Morphological Character Of Elephant Yam ( Amorphophallus muelleri B .) In East Java. Jurnal Produksi Tanaman, 3(5), 353–361.

Wati, A. P., Martha, J. A., & Aniek, I. (2020). Digital Marketing (N. Ar. Fransiska (ed.); Cetakan Pe). Edulitera. http://repository.um.ac.id/1150/

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Dewati, R., Setyarini, A., Harinta, Y. W., & Widyastuti, R. (2023). Penyuluhan Dalam Rangka Pengembangan Usaha Produk Olahan Porang pada Kelompok Usaha Sahabat Petani Porang Sukoharjo. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 4(2), 59–64. https://doi.org/10.32585/ijecs.v4i2.4445

Issue

Section

Artikel