Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris tentang Kehidupan Soekarno di Hoogere Burgerschool melalui Aplikasi Memrise
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijecs.v4i2.4859Abstract
Pengabdian masyarakat yang diprakasai oleh Perpustakaan Bung Karno, Blitar pada bulan November 2022, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan generasi muda Kota Blitar dalam memahami kehidupan Soekarno dalam Bahasa Inggris melalui aplikasi Memrise. Kegiatan ini diikuti oleh 22 peserta dari sebuah perguruan tinggi di Blitar. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari 1) mengadakan pre-test, 2) implementasi pengajaran kosakata terkait kehidupan Soekarno di Hoogere Burgerschool (HBS) dengan Memrise, dan 3) melakukan post-test. Hasil pengabdian ini menunjukkan peningkatan signifikan terhadap penguasaan vocabulary peserta dari 45% pada pre-test menjadi 77% pada post-test.Dari hasil tersebut, penulis merekomendasikan agar pengajar meamanfaatkan teknologi, seperti aplikasi Memrise untuk mendukung pembelajaran bahasa dan sejarah khususnya kosakata. Keberhasilan pengabdian masyarakat ini juga menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antara lembaga pendidikan dan masyarakat dalam mencapai tujuan bersama untuk meningkatkan pemahaman sejarah nasional dan kemampuan berbahasa Inggris di tingkat lokal.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dian Fadhilawati, Suyitno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.