Entrepreneur Siswa-Siswi SMK: Melalui Pengembangan Produk Minuman Kekinian

Authors

  • Novian Wely Asmoro Universitas Veteran Bangun Nusantara http://orcid.org/0000-0002-1116-1542
  • Agustina Intan Niken Tari Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Sri Hartati Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijecs.v5i1.4915

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan minuman kekinian khususnya inovasi produk minuman sangat pesat, berdasarkan data Kementrian Pertanian konsumsi kopi nasional pada tahun 2016 sebesar 249.800 ton meningat menjadi 314.400 ton tahun 2018. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan bertujuan meningkatkan jiwa dan peluang kewirausahaan siswa-siswi SMK N 2 Sukoharjo dari pengembangan produk minuman kekinian khususnya berbahan kopi. Metode yang dilakukan melalui beberapa tahapan kegiatan yaitu 1). Sosialisasi terkait pengembangan kewirausahaan; 2). penyuluhan pengembagan produk minuman kekinian; 3). Praktek dan pelatihan pembuatan produk. Indikator keberhasilan mitra yaitu kemampuan menghasilkan produk dari kegiatan yang telah dilakukan; Peningkatan softskill dan hardskill. Hasil evaluasi menunjukan kegiatan ini memberikan peningkatan pemahaman masyarakat mitra. Pada awal kegiatan hanya sebesar 60-70% mitra memahami terhadap jenis kopi dan kopi kekinian, pasca kegiatan pemahaman menjadi 100%. Selain itu, antusiasme peserta terlihat dari banyaknya peserta berminat mengembangkan bisnis kopi kekinian (sebesar 80%).

Kata Kunci: kopi, minuman kekinian, pelatihan, siswa-siswi

Author Biography

Novian Wely Asmoro, Universitas Veteran Bangun Nusantara

SCOPUS ID: 57221499915

https://scholar.google.com/citations?user=SzBlFlgAAAAJ&hl=id

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Asmoro, N. W., Tari, A. I. N., & Hartati, S. (2024). Entrepreneur Siswa-Siswi SMK: Melalui Pengembangan Produk Minuman Kekinian. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.32585/ijecs.v5i1.4915

Issue

Section

Artikel