Edukasi Mitigasi Bencana Melalui Media Gameboard Nalaria Bagi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijecs.v5i2.5561Abstract
Indonesia adalah negara yang rawan terhadap bencana. Dampak bencana dapat dikurangi melalui upaya mitigasi non-struktural melalui pendidikan pengurangan risiko bencana sejak dini. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang kebencanaan peserta didik melalui pembelajaran yang menyenangkan. Metode yang digunakan yaitu pembelajaran berbasis permainan (game based learning). Game based learning merupakan metode pembelajaran inovasi yang menggabungkan antara konten pembelajaran dengan permainan sebagai alat untuk mendukung proses edukasi yang signifikan dan menambah semangat peserta didik. Kegiatan ini diawali dengan pre-test pada tahap sosialisasi materi siaga bencana dan diakhiri dengan post-test pada tahap implementasi skal aluas. Untuk mendukung upaya keberlanjutan ini yaitu dengan penyerahan produk gameboard kepada pihak sekolah agar dampak positif dari produk gameboard NALARIA dapat dirasakan secara terus menerus dan berkesinambungan. Didapatkan hasil persentase peningkatan pengetahuan peserta didik antara sebelum dan setelah dilakukan pemberian edukasi materi kebencanaan dengan menggunakan gameboard NALARIA. Kegiatan ini efektif dalam meningkatkan semangat, kemampuan berfikir kritis, dan meningkatkan literasi peserta didik. Dengan memberikan produk gameboard NALARIA, diharapkan pihak sekolah dapat bekerjasama untuk mengimplementasikan metode belajar ini pada seluruh peserta didik yang ada di SD Unggulan Aisyiyah Bantul.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Oktomi Wijaya, Aida Calista Uparengga, Nanda Puspita Sari, Baiq Najwa Raissa Fitri, Qorni Syihab Al Faritzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.