Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa SD dengan Metode Extensive Reading dan Media Pop-Up Book
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijecs.v5i2.5612Abstract
Rendahnya minat membaca dan keterampilan literasi di Indonesia, serta kesenjangan antara daerah pedesaan dan perkotaan, menunjukkan kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kemampuan membaca sejak dini. Kegiatan PKM ini memfokuskan pada penggunaan metode membaca ekstensif dan media Pop-Up Book untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 4 SD di SDN Segoropuro, Kabupaten Pasuruan. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini melibatkan 20 siswa kelas 4 SD. Tim PKM yang terdiri dari seorang dosen dan dibantu 10 mahasiswa KKN menerapkan metode membaca ekstensif dan buku pop-up yang mencakup pemilihan bahan bacaan, penjadwalan waktu membaca, membaca mandiri, diskusi kelas, tugas menulis, dan evaluasi. Hasil kegiatan PKM menunjukkan bahwa metode membaca ekstensif efektif dan buku pop-up dapat meningkatkan motivasi dan efikasi diri siswa dalam membaca berbahasa Inggris. Media Pop-Up Book juga terbukti meningkatkan keterampilan membaca siswa, dengan suasana belajar yang mendukung dan aktifitas interaktif yang memperkaya pengalaman membaca. Program ini memberikan pengalaman belajar bahasa Inggris yang bermanfaat dan meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Inggris. Dari kegiatan PKM ini diharapkan guru dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pedagogis melalui pelatihan dan pengembangan profesional. Ini akan membantu guru untuk lebih efektif dalam mengajar bahasa Inggris dan mengadopsi metode pembelajaran yang inovatif.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dwita Laksmita Rachmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.