Pendampingan Baca Tulis dan Pengajaran Surah Pendek Al-Qur’an Bagi Anak-Anak Migran di PKBM PNF Malaysia

Authors

  • berly wijayanti Universitas Islam Syarifuddin
  • Layyinatul Afidah Universitas Islam Syarifuddin, Lumajang, Indonesia
  • Muhammad Saifuddin Azzudy Universitas Islam Syarifuddin, Lumajang, Indonesia
  • Reni Amanda Dewi Universitas Nahdhatul Ulama', Pasuruan, Indonesia
  • Alvin Dian Pramuja Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin, Indonesia
  • Qurroti A'yun Universitas Islam Syarifuddin, Lumajang, Indonesia
  • Haidar Idris Universitas Islam Syarifuddin, Lumajang, Indonesia
  • Nurhafid Ishari Universitas Islam Syarifuddin, Lumajang, Indonesia
  • Mohammad Darwis Universitas Islam Syarifuddin, Lumajang, Indonesia
  • Putri Nadiyatul Firdausi Universitas Islam Syarifuddin, Lumajang, Indonesia
  • Aminatuz Zahroh Universitas Islam Syarifuddin, Lumajang, Indonesia
  • Ahmad Farid Universitas Islam Syarifuddin, Lumajang, Indonesia

Abstract

ABSTRAK

Rendahnya literasi dasar dan kemampuan keagamaan anak-anak migran yang belum mendapatkan akses pendidikan formal maupun agama secara memadai, menjadi poin yang sangat utama terutama dalam sektor pendidikan. Kurangnya pemahaman agama, menjadikan anak-anak migran tidak dapat membaca bahkan  menghafalkan surah pendek yang ada di Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pendampingan baca tulis dan pengajaran surah pendek Al-Qur’an kepada anak-anak migran PKBM PNF Malaysia dengan menggunakan pendekatan service learning. Melalui pendekatan ini, peneliti tidak hanya mengabdi kepada masyarakat tetapi juga belajar teori secara langsung di lapangan. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Program pendampingan baca tulis dilakukan setiap Senin-Jum’at saat proses pembelajaran juga pengajaran surah pendek Al-Ashr seusai pembelajaran selesai, dan dibaca saat pulang sekolah. Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan kemampuan membaca dan hafalan surah Al-Ashr, serta tumbuhnya motivasi belajar anak-anak migran. Temuan ini menunjukkan bahwa pendampingan baca tulis dasar dengan secara bertahap dan hafalan dengan metode talaqqi dan takrir efektif dalam mengembangkan kemampuan anak-anak migran yang ada di PPWNI Klang, Selangor Malaysia.

Kata kunci: membaca; menghafal; surah pendek Al-Qur’an; anak migran; PKBM PNF Malaysia

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

wijayanti, berly, Afidah, L., Saifuddin Azzudy, M., Amanda Dewi, R., Dian Pramuja, A., A’yun, Q., … Farid, A. (2025). Pendampingan Baca Tulis dan Pengajaran Surah Pendek Al-Qur’an Bagi Anak-Anak Migran di PKBM PNF Malaysia. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 6(2), 319–336. Retrieved from https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/ijecs/article/view/7102

Issue

Section

Artikel