Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Online di SDN Simo Kecamatan Kedungwaru
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijecs.v1i2.940Abstract
Pada masa pandemi covid 19 sekarang ini banyak permasalahan yang muncul terutama pada dunia pendidikan. Dimana para guru dan siswa dituntut untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online (Daring), Sehingga menimbulkan problem baru yang muncul ditengah kegiatan belajar mengajar. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di SDN Simo, Kedungwaru yang mana target dan sasarannya adalah guru-guru yang ada pada sekolah tersebut, dikarenakan guru-guru di sekolah ini perlu mendapatkan pelatihan tentang media pembelajaran online dimana pada masa pandemi ini para guru dituntut unuk melakukan pembelajaran secara online atau daring kepada para peserta didiknya. Dalam kegiaan pengabdian masyarakat ini, para guru diberikan pelatihan tentang aplikasi pembelajaran online, penjelajasan terkait sistem pembelajaran online yaitu menggunakan aplikasi google classroom dan zoom. karena untuk google classroom sangat mudah digunakan untuk para guru senior yang memmilki keterbatasan dalam penggunaan internet. Dan untuk aplikasi zoom ini sangat dibutuhan untuk melakukan kegiatan tatap muka secara maya, agar guru dan siswa dapat berinteraksi langsung mellalui media internet. Hasil dari kegiatan yang dilakukan selama dua pertemuan yaitu yang pertama para guru merasa sangat senang diarenakan memperoleh ilmu dan pengetahuan terkait pengembangan media pembelajaran daring/online, kedua yaitu para guru mampu mempraktikkan dan mengaplikasikan cara pengguaan google classroom dan zoom pada kegiatan belajar mengajar. Ketiga, media pembelajaran semakin berkembag dan inovatif sehingga suasana kegiatan belajar tidak menjenuhkan, membuat siswa semakin semangat belajar di rumah.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Priana R.Y.S. 2017. Pemanfaatan Vlog Sebagai Media Pembelajaran Teritegrasi Tekhnologi Informasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017 ISBN 978-602-19411-2-6.
Purwanto A, et all. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal EduPsyCouns. Vol.2 No. 1.
Rimbarizki R dan Susilo H. 2017. Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. E-Journal Unesa Vol.6 No.2 hal 1-12.
Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. ADI WIDYA : Jurnal Pendidikan Dasar Vol.5 No.1 hal 61-68.
Yudhi A dan Amalia N. 2018. Desain Media Pembelajaran Berbasis Daring Memanfaatkan Portal Schoology pada Pembelajaran Apresiasi Sastra. Jurnal Basatra. Vol.7 No.1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.