Perancangan dan Implementasi Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Muhammad Ikhlas Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i2.435

Abstract

Pengembangan media pembelajaran seperti multimedia interaktif memberikan variasi terhadap setiap proses pembelajaran. Materi pembelajaran yang disampaikan melalui visual media elektronik bertujuan untuk memberikan rasa yang berbeda pada siswa dibanding pembelajaran di kelas. Dalam perancangan sistem multimedia interaktif menggunakan alat bantu perancangan sistem yaitu UML (Unified Modelling Language) dan kemudian hasil rancangan diimplementasikan pada aplikasi Adode Flash CS6  berbasis Android, sehingga aplikasi nantinya dapat dijalankan pada platform Android. Aplikasi multimedia interaktif pada mata pelajaran biologi ini juga dilengkapi dengan menu evaluasi, sehingga setiap siswa yang telah selesai mempelajari materi yang tersaji di dalam aplikasi, dapat mengerjakan beberapa soal yang disediakan. Setelah menyelesaikan soal, siswa juga dapat mengetahui nilai dan jumlah jawaban yang benar dari soal tersebut. Sehingga dengan adanya evaluasi tersebut akan memberikan tolok ukur pada kemampuan siswa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan langkah-langkah yaitu penelitian pendahuluan, kajian teori, analisa dan perancangan sistem, implementasi sistem dan evaluasi.

Kata-kata kunci: Multimedia Interaktif, biologi, UML, Android

References

Akil, I., Studi, P., Administrasi, M., & Timur, J. (2016). REKAYASA PERANGKAT LUNAK DENGAN MODEL UNIFIED PROCESS STUDI KASUS : SISTEM INFORMASI JOURNAL, (1), 1–11.

A.S, Rosa dan M. Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Hidayah, S., Wahyuni, S., & Ani, H. M. A. (2017). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN APLIKASI ADOBE FLASH CS6 UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PERAN, FUNGSI DAN MANFAAT PAJAK (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 11(1), 117–123.

Fatoni, A., & Kuraesin, P. D. (2015). Rancang Bangun Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ipa Terpadu Untuk Siswa Smpn 5 Kota Serang, 47–50.

Kurniawan, T. A. (2018). Pemodelan Use Case ( UML ): Evaluasi Terhadap beberapa Kesalahan dalam Praktik USE CASE ( UML ) MODELING : EVALUATION ON SOME PITFALLS IN PRACTICES, (March). https://doi.org/10.25126/jtiik.201851610

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi Abstrak, 6(2301), 79–83.

Published

2019-11-30

How to Cite

Ikhlas, M. (2019). Perancangan dan Implementasi Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Atas. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 1(2), 74–84. https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i2.435

Issue

Section

Artikel