Perancangan dan Implementasi Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i2.435Abstract
Pengembangan media pembelajaran seperti multimedia interaktif memberikan variasi terhadap setiap proses pembelajaran. Materi pembelajaran yang disampaikan melalui visual media elektronik bertujuan untuk memberikan rasa yang berbeda pada siswa dibanding pembelajaran di kelas. Dalam perancangan sistem multimedia interaktif menggunakan alat bantu perancangan sistem yaitu UML (Unified Modelling Language) dan kemudian hasil rancangan diimplementasikan pada aplikasi Adode Flash CS6 berbasis Android, sehingga aplikasi nantinya dapat dijalankan pada platform Android. Aplikasi multimedia interaktif pada mata pelajaran biologi ini juga dilengkapi dengan menu evaluasi, sehingga setiap siswa yang telah selesai mempelajari materi yang tersaji di dalam aplikasi, dapat mengerjakan beberapa soal yang disediakan. Setelah menyelesaikan soal, siswa juga dapat mengetahui nilai dan jumlah jawaban yang benar dari soal tersebut. Sehingga dengan adanya evaluasi tersebut akan memberikan tolok ukur pada kemampuan siswa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan langkah-langkah yaitu penelitian pendahuluan, kajian teori, analisa dan perancangan sistem, implementasi sistem dan evaluasi.
Kata-kata kunci: Multimedia Interaktif, biologi, UML, Android
Downloads
References
Akil, I., Studi, P., Administrasi, M., & Timur, J. (2016). REKAYASA PERANGKAT LUNAK DENGAN MODEL UNIFIED PROCESS STUDI KASUS : SISTEM INFORMASI JOURNAL, (1), 1–11.
A.S, Rosa dan M. Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.
Hidayah, S., Wahyuni, S., & Ani, H. M. A. (2017). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN APLIKASI ADOBE FLASH CS6 UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PERAN, FUNGSI DAN MANFAAT PAJAK (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 11(1), 117–123.
Fatoni, A., & Kuraesin, P. D. (2015). Rancang Bangun Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ipa Terpadu Untuk Siswa Smpn 5 Kota Serang, 47–50.
Kurniawan, T. A. (2018). Pemodelan Use Case ( UML ): Evaluasi Terhadap beberapa Kesalahan dalam Praktik USE CASE ( UML ) MODELING : EVALUATION ON SOME PITFALLS IN PRACTICES, (March). https://doi.org/10.25126/jtiik.201851610
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi Abstrak, 6(2301), 79–83.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instructional Media and Model agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.