Peningkatan Prestasi Belajar Fiqih Materi Jinayah Melalui Metode Index Card Match

Authors

  • Mahsun Alwa'id MAN 1 SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i2.528

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan prestasi belajar Fiqih materi  Jinayah  dengan  metode  Index  card  match  di  kelas  XI IIS 2  MAN 1 Semarang kabupaten Semarang. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah, apakah penerapan metode Index card match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Fiqih materi Jinayah pada kelas XI IIS 2  MAN 1 Semarang, kabupaten Semarang? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian  ini  termasuk  Penilitian  Tindakan  Kelas(Classroom  Action Reaserch). Subjek Penelitian adalah siswa kelas XI IIS 2  MAN 1 Semarang, kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 23 siswa. Teknik pelaksanaan diawali dari pengumpulan data yang meliputi dokumentasi, tes, dan pengamatan serta dianalisa secara deskriptif dan kualitatif. Tindakan dilanjutkan dengan pelaksanaan dua siklus/tahap. Setiap tindakan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi yang dilaksanakan bersama seorang rekan kerja yang membantu pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat dari 56,52% pada pra siklus menjadi 78,26% pada siklus I, serta 86,97% pada siklus II. Perhatian siswa terhadap mata pelajaran juga meningkat dari 43,46% menjadi 86,96% pada siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar Fiqih pada siswa XI IIS 2  MAN 1 Semarang Kabuaten Semarang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono.1991.Psikologi Belajar.Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Arief, Armai . 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta : Ciputat Pers.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Ash-Shiddiqiy, Hasby. 1999. Pengantar Ilmu Fikih. Semarang. PT. Pustaka Riska

Putra.

Baharudin, Wahyuni Nur Esa. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruz Media

Bahri Djamhara, Saiful. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Bakry, Nazar Sidi. 2003. Fikih dan Ushul Fikih. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

Dalyono, M. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Robbani Press.

Hanafi, A. 1989. Pengantar dan Syarah Hukum Islam. Jakarta: PT. Bulan Bintang.

Nusantara.

Ismail, SM. 2008. Strategi Pembelajaran Ilmu Agama Islam Berbasis PAIKEM.

Jakarta : Rasail Media Group.

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Dian

Rakyat.

Poerwardarminta, 2006, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.

Purwanto, Ngalim. 2003. Psycologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta : Kencana Predana Media.

Siberman, Mell. 2006. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung :

Standar Nasional Pendidikan beserta Delapan Peraturan-peraturan Menteri

Pendidikan Nasional. 2009. Yogyakarta : CV Karya Mulia.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru

Algesindo Ofset.

Sukardi, 2005, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta : Sinar Grafika Offset.

Suryabrata, Sumadi, 2005, Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Beserta

Sistematika Proposal dan Laporannya, Jakarta : Bumi Aksara.

Usman, Uzzer, Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar.

Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Published

2019-11-30

How to Cite

Alwa'id, M. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Fiqih Materi Jinayah Melalui Metode Index Card Match. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 1(2), 56–62. https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i2.528