Peningkatan Prestasi Belajar Fiqih Materi Jinayah Melalui Metode Index Card Match
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i2.528Abstract
Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan prestasi belajar Fiqih materi Jinayah dengan metode Index card match di kelas XI IIS 2 MAN 1 Semarang kabupaten Semarang. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah, apakah penerapan metode Index card match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Fiqih materi Jinayah pada kelas XI IIS 2 MAN 1 Semarang, kabupaten Semarang? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini termasuk Penilitian Tindakan Kelas(Classroom Action Reaserch). Subjek Penelitian adalah siswa kelas XI IIS 2 MAN 1 Semarang, kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 23 siswa. Teknik pelaksanaan diawali dari pengumpulan data yang meliputi dokumentasi, tes, dan pengamatan serta dianalisa secara deskriptif dan kualitatif. Tindakan dilanjutkan dengan pelaksanaan dua siklus/tahap. Setiap tindakan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi yang dilaksanakan bersama seorang rekan kerja yang membantu pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat dari 56,52% pada pra siklus menjadi 78,26% pada siklus I, serta 86,97% pada siklus II. Perhatian siswa terhadap mata pelajaran juga meningkat dari 43,46% menjadi 86,96% pada siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar Fiqih pada siswa XI IIS 2 MAN 1 Semarang Kabuaten Semarang.
Downloads
References
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono.1991.Psikologi Belajar.Jakarta: PT. Rineka
Cipta.
Arief, Armai . 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta : Ciputat Pers.
Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Ash-Shiddiqiy, Hasby. 1999. Pengantar Ilmu Fikih. Semarang. PT. Pustaka Riska
Putra.
Baharudin, Wahyuni Nur Esa. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruz Media
Bahri Djamhara, Saiful. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Bakry, Nazar Sidi. 2003. Fikih dan Ushul Fikih. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
Dalyono, M. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Robbani Press.
Hanafi, A. 1989. Pengantar dan Syarah Hukum Islam. Jakarta: PT. Bulan Bintang.
Nusantara.
Ismail, SM. 2008. Strategi Pembelajaran Ilmu Agama Islam Berbasis PAIKEM.
Jakarta : Rasail Media Group.
Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Dian
Rakyat.
Poerwardarminta, 2006, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.
Purwanto, Ngalim. 2003. Psycologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta : Kencana Predana Media.
Siberman, Mell. 2006. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung :
Standar Nasional Pendidikan beserta Delapan Peraturan-peraturan Menteri
Pendidikan Nasional. 2009. Yogyakarta : CV Karya Mulia.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru
Algesindo Ofset.
Sukardi, 2005, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta : Sinar Grafika Offset.
Suryabrata, Sumadi, 2005, Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Beserta
Sistematika Proposal dan Laporannya, Jakarta : Bumi Aksara.
Usman, Uzzer, Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar.
Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instructional Media and Model agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.