Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Inkuiri Menggunakan Aplikasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Prestasi Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Suyono Suyono SMA Negeri 2 Madiun

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i2.529

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi hasil belajar siswa dengan pendekatan inkuiri menggunakan aplikasi berbasis android pada siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 2 Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian tindakan kelas (action research) data dikumpulkan dengan tes tertulis untuk pengetahuan. Pembelajaran dengan pendekatan inkuiri menggunakan aplikasi berbasis android memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran yaitu dari 81,25 % pada siklus I menjadi 94,11% pada siklus II dengan nilai rata-rata siswa  70,71 pada siklus I menjadi  80,71 pada siklus II.

References

Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta

Combs. Arthur. W. 1984. The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Balai Pustaka.

Asyhar, Rayanda. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Published

2019-11-30

How to Cite

Suyono, S. (2019). Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Inkuiri Menggunakan Aplikasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Prestasi Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 1(2), 85–92. https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i2.529

Issue

Section

Artikel