Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pencernaan dengan Menggunakan Media Model Tiga Dimensi bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i2.530Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar sains bahan pencernaan dengan menggunakan media model tiga dimensi untuk kelas VIII A SMP Negeri 1 Sawit, Boyolaliat Semester I 2018/2019 tahun akademik.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Variabel bebas adalah media model tiga dimensi. Prestasi belajar sains adalah variabel dependen. Populasinya adalah kelas VIII A di SMP Negeri 1 Sawitat semester pertama tahun 2018/2019 Tahun Ajaran. Cara mengambil sampel dengan nilai tes siswa dan pengawasan langsung proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian setelah penerapan pembelajaran dengan media model tiga dimensi dapat meningkat dari kondisi awal hingga siklus kedua. Ada peningkatan nilai rata-rata dari 69,84 menjadi 78,87 dan meningkat lagi menjadi 83,68, jumlah siswa selesai dari 14 menjadi 31, dari nilai terendah 40 hingga 75, meningkat 35 poin, dan skor tertinggi 85 hingga 95, meningkat 10 poin.
Downloads
References
Ngadino (2000).Macam-macam Media Pembelajaran IPA. Yogjakarta: University Press
Arief S Sadiman (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: University Press
Mujadi (2004).Media PembelajaranDimensi 2. Jogjakarta: University Press
Rochman, Natawidjaya (2007). Media Pembelajaran. Jogjakarta: Grafindo
Boediono (2004).Hakekat dan Pembelajaran IPA
Prawoto (2003).Ilmu Pengetahuan Alam dan Sekitarnya. Jogjakarta Press
Karso (2003).Karakteristik Ilmu PegetahuanAlam. Surabaya: University Press
Sutrantinah, Tirtonegoro (2009). Belajar dan TehnikPembelajaran. Jogjakarta: University Press
W.S. Wingkel (2001). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: University Press
Djauzali, Ahmad (2004). HakekatBelajar IPA. Jogjakarta: Multi Pressindo
Sumadi, Suryabrata (2010). EvaluasiPembelajaran. Jogjakarta: University Press
M Ngalim, Purwanto (2007).EvaluasiPembelajaran. Jogjakarta: Multi Pressindo
Manase, Malo (2005). PenulisanKaryaIlmiah. Jogjakarta: University Press
Suharsimi, Arikunto (2006). KaryaIlmiah. Jakarta: University Press
Andreas, Proyono (2000). PenelitianTindakanKelas. Jogjakarta: University Press
Syukur (2010).PenelitianTindakanKelas. Jogjakarta: University Press
Sutrisno, Hadi (2002). KaryaIlmiah. Jakarta: University Press
Fuad, Hasan (2003). EvaluasiPembelajaran. Jogjakarta: University Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instructional Media and Model agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.