Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pencernaan dengan Menggunakan Media Model Tiga Dimensi bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Widhiani Purwaningsih SMP NEGERI 1 SAWIT

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i2.530

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar sains bahan pencernaan dengan menggunakan media model tiga dimensi untuk kelas VIII A SMP Negeri 1 Sawit, Boyolaliat Semester I 2018/2019 tahun akademik.

Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Variabel bebas adalah media model tiga dimensi. Prestasi belajar sains adalah variabel dependen. Populasinya adalah kelas VIII A di SMP Negeri 1 Sawitat semester pertama tahun 2018/2019 Tahun Ajaran. Cara mengambil sampel dengan nilai tes siswa dan pengawasan langsung proses pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian setelah penerapan pembelajaran dengan media model tiga dimensi dapat meningkat dari kondisi awal hingga siklus kedua. Ada peningkatan nilai rata-rata dari 69,84 menjadi 78,87 dan meningkat lagi menjadi 83,68, jumlah siswa selesai dari 14 menjadi 31, dari nilai terendah 40 hingga 75, meningkat 35 poin, dan skor tertinggi 85 hingga 95, meningkat 10 poin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ngadino (2000).Macam-macam Media Pembelajaran IPA. Yogjakarta: University Press

Arief S Sadiman (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: University Press

Mujadi (2004).Media PembelajaranDimensi 2. Jogjakarta: University Press

Rochman, Natawidjaya (2007). Media Pembelajaran. Jogjakarta: Grafindo

Boediono (2004).Hakekat dan Pembelajaran IPA

Prawoto (2003).Ilmu Pengetahuan Alam dan Sekitarnya. Jogjakarta Press

Karso (2003).Karakteristik Ilmu PegetahuanAlam. Surabaya: University Press

Sutrantinah, Tirtonegoro (2009). Belajar dan TehnikPembelajaran. Jogjakarta: University Press

W.S. Wingkel (2001). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: University Press

Djauzali, Ahmad (2004). HakekatBelajar IPA. Jogjakarta: Multi Pressindo

Sumadi, Suryabrata (2010). EvaluasiPembelajaran. Jogjakarta: University Press

M Ngalim, Purwanto (2007).EvaluasiPembelajaran. Jogjakarta: Multi Pressindo

Manase, Malo (2005). PenulisanKaryaIlmiah. Jogjakarta: University Press

Suharsimi, Arikunto (2006). KaryaIlmiah. Jakarta: University Press

Andreas, Proyono (2000). PenelitianTindakanKelas. Jogjakarta: University Press

Syukur (2010).PenelitianTindakanKelas. Jogjakarta: University Press

Sutrisno, Hadi (2002). KaryaIlmiah. Jakarta: University Press

Fuad, Hasan (2003). EvaluasiPembelajaran. Jogjakarta: University Press

Published

2019-11-30

How to Cite

Purwaningsih, W. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pencernaan dengan Menggunakan Media Model Tiga Dimensi bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 1(2), 93–98. https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i2.530