Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Maria Laetisia SD Inpres Wairklau, Sikka, Nusa Tenggara Timur

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i2.531

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil ulangan harian siswa secara klasikal masih di bawah standar KKM pada mata pelajaran IPS pada topik pembahasan kenampakan alam dan buatan. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kecenderungan siswa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaranProblem Based Instruction sebagai alternatif dalam memecahkan suatu masalah. Dalam penelitian ini di gunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan alat yang digunakan lembar evaluasi, lembar observasi penilaian RPP, lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran, lembar penilaian motivasi siswa dan lembar keusioner. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil motivasi siklus I siswa yang tuntas  mencapai KKM berjumlah 15 orang atau 45,45%, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas mencapai KMM berjumlah 33 atau 100%. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan dengan  Model  Pembelajaran  Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkat. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amien, Mohammad. 1987.Mengajarkan Ilmu PengetahuanAlam Dengan Menggunakan Metode “Discovery” dan “Inquiry”.Jakarta : Depdikbud

Anni, Catharina Tdkk. 2007.Psikologi Belajar. Semarang:UNNES Press.

Arikunto,Suharsimi,dkk.2009.PenelitianTindakanKelas.Jakarta:BumiAksara

Arends, 2008.LearningTo Teach. Yogyakarta: PustakaPelajar

Aqib, Zainal dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: YramaWidya.

Burhanuddin, Elita. 2009.Media. Jakarta: Depdiknas.

Daryanto. 2010.Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Daryanto.2010.MediaPembelajaran.Bandung:SaranaTutorialNuraniSejahtera.

Djamarah,SyaifulBahri.2010.GurudanSiswaDidikDalamInteraksiEdukatif.Jakarta:PT.RinekaCipta

Mansur, S. 2018. Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup di SMPK Binawirawan Maumere. Uhamka. Bioeduscience. 2 (1): 74-80. DOI: 10.29405/j.bes/74-80121314

Published

2019-11-30

How to Cite

Laetisia, M. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 1(2), 63–73. https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i2.531