Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i2.531Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil ulangan harian siswa secara klasikal masih di bawah standar KKM pada mata pelajaran IPS pada topik pembahasan kenampakan alam dan buatan. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kecenderungan siswa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaranProblem Based Instruction sebagai alternatif dalam memecahkan suatu masalah. Dalam penelitian ini di gunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan alat yang digunakan lembar evaluasi, lembar observasi penilaian RPP, lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran, lembar penilaian motivasi siswa dan lembar keusioner. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil motivasi siklus I siswa yang tuntas mencapai KKM berjumlah 15 orang atau 45,45%, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas mencapai KMM berjumlah 33 atau 100%. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkat. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.
Downloads
References
Amien, Mohammad. 1987.Mengajarkan Ilmu PengetahuanAlam Dengan Menggunakan Metode “Discovery” dan “Inquiry”.Jakarta : Depdikbud
Anni, Catharina Tdkk. 2007.Psikologi Belajar. Semarang:UNNES Press.
Arikunto,Suharsimi,dkk.2009.PenelitianTindakanKelas.Jakarta:BumiAksara
Arends, 2008.LearningTo Teach. Yogyakarta: PustakaPelajar
Aqib, Zainal dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: YramaWidya.
Burhanuddin, Elita. 2009.Media. Jakarta: Depdiknas.
Daryanto. 2010.Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.
Daryanto.2010.MediaPembelajaran.Bandung:SaranaTutorialNuraniSejahtera.
Djamarah,SyaifulBahri.2010.GurudanSiswaDidikDalamInteraksiEdukatif.Jakarta:PT.RinekaCipta
Mansur, S. 2018. Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup di SMPK Binawirawan Maumere. Uhamka. Bioeduscience. 2 (1): 74-80. DOI: 10.29405/j.bes/74-80121314
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instructional Media and Model agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.