Penerapan Model Pembelajaran Aktif Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika

Authors

  • Winadi Winadi SMP Negeri 2 Tawangsari

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i2.532

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa melalui model pembelajaran aktif CRH pada siswa kelas VIII F semester I SMP Negeri 2 Tawangsari tahun pelajaran 2018/ 2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai November 2018 di SMP Negeri 2 Tawangsari. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F sebanyak 32 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik  pengumpulan  data  menggunakan   teknik   dokumentasi, observasi, dan  tes tertulis.  Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, butir  soal tes, dan dokumen  daftar  nilai. Analisis data  menggunakan  analisis deskriptif  komparatif  yang dilanjutkan  refleksi. Setiap  siklus terdiri dari  empat langkah, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar Matematika siswa, nilai rata-rata prestasi belajar Matematika siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 65,8, pada siklus I sebesar 72,9 dan pada siklus II sebesar 80,9. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 48,8%, siklus I sebesar 62,5% dan siklus II sebesar 90,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model pembelajaran aktif CRH dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VIII F semester I SMP Negeri 2 Tawangsari tahun pelajaran 2018/ 2019”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi.2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: RinekaCipta

Sardiman A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudiyana. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Cakra books dan Bradelvi.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Warsono,Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Published

2019-11-30

How to Cite

Winadi, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Aktif Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 1(2), 99–111. https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i2.532