Penerapan Model Pembelajaran Aktif Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i2.532Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa melalui model pembelajaran aktif CRH pada siswa kelas VIII F semester I SMP Negeri 2 Tawangsari tahun pelajaran 2018/ 2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai November 2018 di SMP Negeri 2 Tawangsari. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F sebanyak 32 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes tertulis. Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, butir soal tes, dan dokumen daftar nilai. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi. Setiap siklus terdiri dari empat langkah, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar Matematika siswa, nilai rata-rata prestasi belajar Matematika siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 65,8, pada siklus I sebesar 72,9 dan pada siklus II sebesar 80,9. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 48,8%, siklus I sebesar 62,5% dan siklus II sebesar 90,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model pembelajaran aktif CRH dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VIII F semester I SMP Negeri 2 Tawangsari tahun pelajaran 2018/ 2019”.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi.2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: RinekaCipta
Sardiman A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudiyana. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Cakra books dan Bradelvi.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Warsono,Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instructional Media and Model agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.