ANALISIS PENILAIAN RISIKO KERJA PADA PEKERJAAN EKSTERIOR BANGUNAN ATAS KONSTRUKSI PEMBANGUNAN MASJID SAHID UNIVET SUKOHARJO

Authors

  • Ainur Komariah Teknik Industri, Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Titin Mardi Astuti Teknik Industri, Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Rian Prasetyo Teknik Industri, Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/japti.v3i2.3592

Abstract

Faktor utama dalam sektor infrastruktur adalah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) umumnya masih diabaikan. Konstruksi merupakan salah satu sektor industri yang memiliki risiko kerja. Kurang diperhatikannya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) mengakibatkan terjadinya kecelakaan kerja pada proyek konstruksi. Penelitian ini meneliti tentang Penilaian Risiko Kerja pada Pekerjaan Eksterior Bangunan Atas Konstruksi Pembangunan Masjid Sahid. Tahap awal yang dilakukan yaitu mengidentifikasi risiko K3 yang terjadi pada pekerjaan tersebut. Kemudian melakukan analisa risiko menggunakan metode Fine. Analisa tersebut betujuan untuk mengetahui risiko K3 yang paling sering terjadi pada pekerjaan konstruksi gedung menurut pendapat para pekerja yang bekerja pada pekerjaan konstruksi gedung dengan cara penyebaran kuesioner dan wawancara di lapangan. Langkah terakhir yaitu memberikan pengendalian risiko. Penelitian ini memperoleh risiko tertinggi yaitu risiko organ pernapasan terpapar debu dan telapak tangan terluka dengan nilai risiko masing-masing sebesar 6000 dan level risikonya very high. Pengendalian risiko yang dapat dilakukan yaitu menghentikan aktivitas sementara waktu sampai risiko dapat mencapai batas yang diterima dan juga menerapkan K3 secara ketat dengan menggunakan APD sesuai standar.

References

AS/NZS 4360 (2004). 3rd Edition The Australian And New Zealand Standard on Risk Management. Broadleaf Capital International Pty Ltd. NSW Australia.

Asesmen Manajemen Risiko Berbasis ISO 31000;2009. Kuliah Online, IKK-363- Manajemen Risiko dan Pencegahan Kerugian.

Buntarto. 2015. Panduan Praktis Keselamatan & Kesehatan Kerja untuk Industri. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Deva, B., Nopiyanti, E. and Susanto, A. J. (2018) ‘Analisis Risiko Pengoperasian Tower Crane Pada Pekerjaan Bekisting Dan Cor Semen Di Proyek Apartemen Enveciio Margonda, Depok’, Jukmas, 2(2), pp. 175–186.

Doloksaribu, C. E. (2018) ‘Identifikasi Bahaya Dan Analisis Resiko Kecelakaan Kerja Di PT.Hutama Karya (Persero) Proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Medan-Binjai Seksi 1’, p. 100.

Sari, N., Mulyani, E. and M.Nuh, S. (2016) ‘Manajemen Resiko Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Pekerjaan Konstruksi’, Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Tanjungpura, 2(2), pp. 1–14. Available at: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/16159/14071.

Sarlinton, P. N. and Pratiwi, Riyanny, S. (2019) ‘Identifikasi Penerapan K3 Pada Gedung Pemerintah’, Untan, 1(2), pp. 1–4.

YOLANDA1, F., SOEMIRAT, J. and PHARMAWATI, K. (2014) ‘Perhitungan Kuantitatif Skor Risiko Kecelakaan menggunakan Metode Fine dan Matriks Robinson (Studi Kasus PT)’, Jurnal Rekayasa Lingkungan, 2(2), pp. 1–12.

Fine, W. T. 1971. Mathematical Evaluation for Controlling Hazard. Australia: Central Queensland University.

Pastiarsa, M. 2015. Manajemen Proyek Konstruksi Bangunan Industri : Perspektif Pemilik Proyek. Yogyakarta: Teknosain.

Ramli, S. 2010. Pedoman Praktis Manajemen Risiko dalam Perspektif K3 OHS Risk Management. Jakarta: Dian Rakyat

Suma'mur. 2013. Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (HIPERKES). Jakarta: CV. Sagung Seto.

Published

2023-02-20

How to Cite

Komariah, A., Astuti, T. M., & Prasetyo, R. (2023). ANALISIS PENILAIAN RISIKO KERJA PADA PEKERJAAN EKSTERIOR BANGUNAN ATAS KONSTRUKSI PEMBANGUNAN MASJID SAHID UNIVET SUKOHARJO. Jurnal Aplikasi Ilmu Teknik Industri (JAPTI), 3(2), 62–70. https://doi.org/10.32585/japti.v3i2.3592

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)