Preferensi Konsumen Buah Semangka Di Pasar Semangka Kecamatan Jebres Kota Surakarta
Abstract
Semangka adalah salah satu jenis buah favorit masyarakat Indonesia. Kemajuan teknologi yang sedang tumbuh membuat kualitas dan kemampuan beradaptasi semangka terus meningkat. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi karakter konsumen dan mengetahui preferensi konsumen buah semangka di Pasar Semangka Jebres. Penelitian ini dilakukan di Pasar Semangka Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Perumusan pada tahap input data menggunakan analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik dari konsumen buah semangka di Pasar Buah Semangka Kecamatan Jebres Kota Surakarta diketahui bahwa sebagian besar responden yang di wawancarai adalah perempuan sebesar 52%, umur mayoritas berusia 15-60 tahun sebesar 88%, pekerjaan mayoritas responden adalah wiraswasta sebesar 54%. Dilihat dari pendapatan perbulan mayoritas responden memiliki pendapatan Rp. 1.000.000 – Rp. 3.000.000 sebesar 74%, memiliki tingkat pendidikan terakhir SMA sebesar 76% dan memiliki status menikah sebesar 74%. Sedangkan hasil dari preferensi konsumen adalah Atribut yang mempengaruhi preferensi konsumen buah semangka di Pasar Semangka Kecamatan Jebres Kota Surakarta adalah kombinasi atribut bentuk bulat, motif lorek, jenis tanpa biji, harga <6500 warna kuning. Sedangkan atribut yang menjadi pertimbangan utama dalam pembelian semangka adalah harga 29,872%, lalu diikuti dengan bentuk 27,666%, motif 17,486%, warna 16,911%, dan jenis 8,065%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Agribusiness, Social and Economic agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.