Identifikasi Kelas Insecta di Hutan Donoloyo Wonogiri Sebagai Bahan Pembuatan Multimedia Interaktif Biologi SMA

Authors

  • Fajar Uswatun Hasanah Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/jbl.v3i2.1271

Keywords:

Identifikasi, multimedia interaktif, biologi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi insektisida di Hutan Donoloyo, mengembangkan multimedia interaktif identifikasi serangga menjadi media pembelajaran, mengetahui kualitas multimedia interaktif berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan guru biologi, serta aplikasi dalam pembelajaran . Aplikasi multimedia interaktif dalam pembelajaran Metode penelitian menggunakan metode eksplorasi dengan melakukan pengamatan langsung terhadap jenis Serangga. Instrumen penilaian kualitas multimedia interaktif berdasarkan aspek materi, penyajian dan kebahasaan, dengan desain analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di Hutan Donoloyo terdapat 7 ordo yang terdiri dari 13 spesies insekta. Penelitian identifikasi serangga dapat digunakan untuk penyusunan multimedia interaktif. Penilaian kualitas multimedia interaktif oleh ahli materi dan ahli media memperoleh nilai akhir 85 dengan persentase 94,44% sehingga dikategorikan sangat valid dan guru biologi SMA N 1 Jatisrono memperoleh nilai akhir 82 dengan persentase 82 % sehingga dikategorikan sangat valid sedangkan guru biologi SMA N 1 Slogohimo memperoleh skor 86 dengan persentase 86% sehingga dikategorikan sangat valid. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif cocok untuk dijadikan referensi guru sebagai salah satu media pembelajaran tentang identifikasi serangga.

Author Biography

Fajar Uswatun Hasanah, Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi

Universitas Veteran Bangun Nusantara

References

Borror, D. J., Triplehorn, C. A., & Johnson, N. J. (1992). Pengenalan pelajaran serangga. Gadjah Mada University.

Munir. (2012). Multimedia. Bandung: Alfabeta

Nugroho, A. A., & Subiyantoro, S. (2017). Pengembangan Modul Sistematika Tumbuhan Tinggi Berbasis Guided Discovery untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi. BIO-PEDAGOGI, 6(2), 19-24.

Pardosi, K. F., & Sibuea, A. M. (2015). Penerapan multimedia pembelajaran interaktif (mpi) dalam upayameningkatkan hasil belajar dan minat belajar biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(1).

Rachmasari, D. O., Prihanta, W., & Susetyarini, E. R. (2016). Keanekaragaman Serangga Permukaan Tanah Di Arboretum Sumber Brantas Batu-Malang Sebagai Dasar Pembuatan Sumber Belajar Flipchart. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 2 (2).

Ristanto, R. H. (2011). Pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing dengan multimedia dan lingkungan riil terhadap prestasi belajar. Educatio, 6(1), 53-68.

Sari, P., Syahribulan, S., Sjam, S., & Santosa, S. (2017). Analisis Keragaman Jenis Serangga Herbivora di Areal Persawahan Kelurahan Tamalanrea Kota Makassar. Bioma: Jurnal Biologi Makassar, 2(1), 35-45.

Suhardi. (2012). Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta : Jurdik.

Sulastri, S., Wiharti, T., & Nugroho, A. A. (2019). Keanekaragaman Tumbuhan Paku di Kawasan Wisata Alam Candi Muncar Wonogiri Sebagai Bahan Penyusunan Modul Pembelajaran. Journal of Biology Learning, 1(1).

Suratsih et al. (2010). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal dalam Kerangka Implementasi KTSP SMA .Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Triyanti, M. (2015). Pengembangan multimedia interaktif pada materi sistem saraf untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA kelas XI. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 9-14.

Wati, A. C. A., Wiharti, T., & Nugroho, A. A. (2019). PENGEMBANGAN MODUL BRYOPHYTA BERBASIS HASIL PENELITIAN DI TAHURA NGARGOYOSO KARANGANYAR UNTUK SISWA KELAS X SMA. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(2), 54-62.

Wati, C., Rahmawati, R., Hartono, R., Haryati, P. W., Riyanto, R., Anggraini, E., ... & Karenina, T. (2021). Entomologi Pertanian. Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Hasanah, F. U. (2021). Identifikasi Kelas Insecta di Hutan Donoloyo Wonogiri Sebagai Bahan Pembuatan Multimedia Interaktif Biologi SMA. Journal of Biology Learning, 3(2), 96–103. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i2.1271