Kelayakan Media Poster Lipat Sub Materi Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati di Indonesia

Authors

  • Enggang Suci Ariani Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan Pontianak
  • Syamswisna Syamswisna Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan Pontianak
  • Titin Titin Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v1i2.392

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran poster lipat  pada sub materi pemanfaatan keanekaragaman hayati di Indonesia kelas X SMA. Poster lipat didasarkan dari hasil inventarisasi jenis-jenis tanaman obat keluarga oleh masyarakat di Desa Nipah Panjang Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sistematika penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu pembuatan media poster lipat, validasi media poster lipat, dan analisis data. Media poster lipat divalidasi oleh dua orang dosen Pendidikan Biologi FKIP UNTAN dan tiga orang guru di sekolah yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling yaitu SMAN 2 Batu Ampar, SMAN 1 Kubu, dan SMAN 1 Batu Ampar. Penilaian lembar validasi menggunakan skala likert dan analisis data berdasarkan rumus Lawshe (1975). Berdasarkan penilaian dari lima validator memperoleh nilai Content Validity Index (CVI) 1,00 > 0,99 sehingga dinyatakan valid dan layak digunakan pada sub materi pemanfaatan keanekaragaman hayati di Indonesia kelas X SMA

Kata kunci: Tanaman Obat Keluarga, Poster Lipat

Author Biographies

Enggang Suci Ariani, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan Pontianak

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan Pontianak

Syamswisna Syamswisna, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan Pontianak

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan Pontianak

Titin Titin, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan Pontianak

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan PontianakKelayakan Media Poster Lipat Sub Materi Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati Di Indonesi

References

Anisah, S.N. (2016). Kelayakan Media Poster Lipat Etnobotani di Desa Tasik Malaya Pulau Padang Tikar Kabupaten Kubu Raya Pada Sub Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati di Kelas X SMA. Skripsi.

Irnaningtyas. (2013). Biologi SMA dan MA untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Julyanto, D.T. (2010). Struktur Komunitas Fitoplankton Di Perairan Hutan Mangrove Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Serta Implementasinya Hasil Penelitian Dalam Pembuatan Media Poster Untuk Sub Materi Ekosistem Estuari Di Kelas X SMA. Skripsi. Pontianak: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Lawshe, C.H. (1975). A Quantitative Approach to Content Validity. Personnel Psychology. Bowling Green State University.

Mediawati, E. (2011). Pembelajaran akuntansi keuangan melalui media komik untuk meningkatkan prestasi mahasiswa. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 68-76.

Nandika, D., dkk. (2002). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi VI. (Buku Online). Jakarta: Ditjen Dikti, Depdiknas. (http://lppm.ugm.ac.id, diakses tanggal 12 Juni 2019).

Ningrum, H.P. (2013). Uji Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Manila (Achras zapota L.) Terhadap Escherichia coli Dan Implementasinya Dalam Perangkat Pembelajaran Disertai Media Poster Pada Sub Materi Peranan Bakteri Di Kelas X SMA. Skripsi. Pontianak: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Riley, M. (2014). Creative Folding Options on a Budget. (Online). (http://opusdesign.us/creative-folding-options-on-a-budget/, diakses pada tanggal 6 Februari 2019).

Renat, S. E., Novriyanti, E., & Armen, A. (2017). Pengembangan Modul Dilengkapi Peta Konsep dan Gambar pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas VII SMP. Bioeducation, 1(1), 95-108.

Sadiman, A.S., R. Raharjo., & Anung H. (2014). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Susilana, R., & Riyana C. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Williams, R. (2010). Poster Design Tips and Techniques. (Online). (https:// www.google.com/url.fextension.colostate.edu, diakses tanggal 20 Juni 2019).

Yunita, N. I., Chasanatun, F., & Listiani, I. Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Media Foto untuk Siswa Kelas V SDN Ngepeh Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun. Journal of Biology Learning, 1(1).

Published

2019-09-30

How to Cite

Ariani, E. S., Syamswisna, S., & Titin, T. (2019). Kelayakan Media Poster Lipat Sub Materi Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati di Indonesia. Journal of Biology Learning, 1(2). https://doi.org/10.32585/.v1i2.392