Implementasi Office 365 Sebagai Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi COVID 19 di SMK Muhammadiyah Sukoharjo

Authors

  • Dr. Sawitri, S.Sn., M.Hum Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Kanya Icchanti

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1215

Abstract

Suatu bangsa akan dikatakan berkualitas apabila generasi muda sebagai penerus bangsanya juga berkualitas dengan kata lain generasi mudanya unggul dalam pendidikan secara akademik maupun non-akademik. Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang sangat berharga dan bernilai luhur terutama bagi generasi muda yang akan menentukan maju atau mundurnya suatu bangsa. Pendidikan merupakan kunci pembangunan sumber daya manusia. Pekerjaan rumah kita dalam mewujudkan kualitas pendidikan memang masih banyak. Apabila terjadi masa pagebluk seperti pandemi COVID 19. Masa pandemi seperti sekarang ini sekolah sulit memberikan pembelajaran seperti biasanya, yaitu tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) sistem pembelajaran jarak jauh yang diterapkan, 2) dampak dari sistem pembelajaran jauh terhadap prestasi siswa, 3) kendala dalam penerapan sistem pembelajaran jarak jauh. Adapun metode penelitian yang peneliti pakai adalah jenis penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan Office 365 memang efektif sebagai pembelajaran jarak jauh masa pandemi COVID 19 namun juga memiliki dampak buruk bagi peserta didik salah satunya adalah tingkat minat belajar peserta didik yang menurun.

Kata-kata kunci: Implementasi, Pendidikan jarak jauh, Covid 19

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dr. Sawitri, S.Sn., M.Hum, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

SINTA ID : 6182957

References

Agus Salim. (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial: Buku Sumber untuk Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Ardian dkk, (2020). Pemanfaatan Microsoft Sway dan Microsoft Form Sebagai Media Interaktif Dalam Pembelajaran Sejarah. Diambil dari: http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bihari/article/view/2520.

Asep H. Hermawan, dkk. (2008). Pembangunan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Astuti dkk, (2020). Pelatihan Pembelajaran Microsoft 365 Pada Guru Sekolah Dasar Negeri 02 Banjarturi Warureja Tegal. Diambil dari: https://kkn.unnes.ac.id/lapkknunnes/32004_3328162011_6_Desa%20Bojongsana_20200909_140554.pdf.

Fuad, Zainul, dkk. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kirk, J. & Miller, M. L. (1986). Reliability and Validity in Qualitative Research. Beverly Hills: CA, Sage Publications.

Sugiyono. (2011). Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Timbul Pardede. (2011). Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. Diambil dari: http://repository.ut.ac.id/2511/fmipa201144.pdf

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

S.Sn., M.Hum, D. S., & Icchanti, K. (2021). Implementasi Office 365 Sebagai Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi COVID 19 di SMK Muhammadiyah Sukoharjo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 67–72. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1215

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)